SKRINING FUNGI ENDOFIT DARI TANAMAN JAMBLANG ( SYZIGIUM CUMINI ) DAN UJI BIOAKTIVITAS SEBAGAI ANTIBAKTERI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

SKRINING FUNGI ENDOFIT DARI TANAMAN JAMBLANG ( SYZIGIUM CUMINI ) DAN UJI BIOAKTIVITAS SEBAGAI ANTIBAKTERI


Pengarang

Wilda Wahyuni - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0708103010008

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Kimia (S1) / PDDIKTI : 47201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2011

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi jenis fungi endofit dan tanaman jamblang (Syzygium cumini) dan uji bioaktivitasnya terhadap bakteri Eschericia coli dan Staphylococcus aureus. Fungi endofit diisolasi dari jaringan daun, batang dan bunga jamblang yang ditumbuhkan di media PDA, kemudian isolat ini diidentifikasi secara makroskopis dan mikroskopis. Hasil identifikas menunjukkan 3 jenis isolat fungi. Isolat fungi difermentasi untuk memperoleh senyawa bioaktif dari hasil metabotisme fungi. Larutan fermentasi dan larutan ekstrak metanol 20% dan 50% (v/v) diuji aktivitas antibakteri terhadap E. coli dan S. aureus dengan metode difusi cakram. Hasil uji menunjukkan bahwa isolat fungi endofit dari tanaman jamblang tidak memiliki aktivitas sebagai antibakteri terhadap E. coli dan S. aureus. diduga karena waktu fementasinya belum mencapai fase stationer sehingga belum menghasilkan metabolit sekunder.


Kata Kunci : Endofit, Fungi Endofit, Senyawa Bioaktif, Syzigium cumini


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK