EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATLF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MATERI MUSIK ANSAMBELRNDLKELAS VIII SMPN 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATLF TIPE THINK-PAIR-SHARE (TPS) PADA MATERI MUSIK ANSAMBELRNDLKELAS VIII SMPN 4 BANDA ACEH


Pengarang

Mirnavera - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0506102060014

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik (S1) / PDDIKTI : 88209

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2010

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata kunci : Efektivitas, Pembelajaran KooperatifTipe Think-Pair-Share (TPS), Ansambel.

Penelitian ini berjudul "Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Share (TPS) Pada Materi Musik Ansambel Rekorder di Kelas VIII SMPN 4 Banda Aceh".Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah efektivitas model pembelajaran kooperatif Tipe TPS daJam mempelajari materi musik ansambel rekorder di kelas VIlI SMPN 4 Banda Aceh. Salah satu tipe pada model pembelajaran kooperatif adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS merupakan model pembelajaran yang menekankan pada tiga aspek yaitu berfikir (think), berpasangan (pair), dan berbagi (share). Masing- masing kelompok hanya terdiri dan 2 orang siswa saja Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui bagaimanakah efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair- Share (TPS) pada materi musik ansambel di kelas VIU pada SMPN 4 Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel adaJah purposive random sampling atau sampel bertujuan.Adapun subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas VIII I dan VIII 2 pada SMPN 4 Banda Aceh. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik uji-t dengan taraf signifikan a = 0,05 .Dari perhitungan statistik tersebut, maka diperoleh t tutung = 2,838 sedangkan harga t tabel = t 0,95(54) = 1,63. Hal ini berarti bahwa harga t hltung yang diperoleh dari hasil penelitian lebih besar dari pada harga ttabel, maka dalam analisis data diperoleh nilai 2,838 > 1,63, maka peningkatan prestasi belajar siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dari pada model pembelajaran kooperatif. Dilihat dari rata-rata masing-masing kelompok dapat diketahui bahwa nilai rata-rata siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih besar dari nilai rata-rata siswa kelas pembanding yang diberi perlakuan model pembelajaran kooperatif yaitu 74 > 70. Dengan demikian maka model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran kooperatif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Model pembelajaran kooperatifTipe Think- Pair-Share (TPS) efektif diterapkan pada musik ansambel rekorder di kelas VIll1 SMPN 4 Banda Aceh.







Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK