PENGARUH PEMANGKASAN DAN PEMUPUKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PEMANGKASAN DAN PEMUPUKAN TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.)


Pengarang

Arief Tarmizi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0705101010039

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Agroteknologi (S1) / PDDIKTI : 54211

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2012

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Arief Tarmizi "Pengaruh Pemangkasan dan Pemupukan Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Cabai Merah (Capsicum annuum L.)" dibawah bimbingan Syamsuddin sebagai pembimbing utama dan Erita Hayati sebagai pembimbing anggota.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemangkasan dan pemupukan serta interaksi antara kedua faktor tersebut terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah. Penelitian ini dilaksanakan di Gampong Blang Krueng, Kecamatan Baitussalam, Kabupaten Aceh Besar, dari bulan Juni hingga bulan Agustus 201 I .
Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok pola faktorial 3 x

3 dengan 3 ulangan. Penelitian ini terdiri dari 2 faktor. Faktor pertama adalah pemangkasan yang terdiri dari Po Tanpa pemangkasan, P1= Pemangkasan batang utama, P2= Pemangkasan cabang sesudah berbunga. Faktor kedua adalah
pemupukan NPK yang terdiri dari D0 Kontrol, D1 = 300 kg/ha (18,7 g/polybag),
D2, =350kg/ha(21,7 g/polybag).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemangkasan berpengaruh sangat nyata terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah pada peubah jumlah cabang primer per tanaman umur 60 HST, jumlah bunga per tanaman umur 40 dan 60 HST, jumlah buah per tanaman umur 95, I 00, 105 dan 110 HST, berat buah per tanaman umur 95, 100, 105 dan 110 HST serta berpengaruh tidak nyata pada peubah tinggi tanaman, diameter pangkal batang umur 20, 40 dan 60 HST, jumlah bunga per tanaman umur 20 HST, jumlah buah per tanaman dan berat buah per tanaman masing-masing umur 90 HST. Hasil terbaik dijumpai pada pemangkasan cabang sesudah berbunga (P2).
Pemupukan berpengaruh sangat nyata terbadap pertumbuhan dan hasil tanaman cabai pada peubah jumlah buah per tanaman dan berat buah per tanaman masing-masing umur 95 dan 100 HST, berpengaruh tidak nyata pada peubah tinggi tanaman, diameter pangkal batang, jumlah bunga per tanaman masing- masing umur 20, 40 dan 60 HST, jumlah cabang primer umur 60 HST, jumlah buah per tanaman dan berat buah per tanaman masing-masing umur 90, 105 dan
110 HST. Hasil terbaik dijumpai pada dosis pemupukan NPK D2= 350 kg/ha

(21,7 gr/polybag).

Tidak terdapat interaksi yang nyata antara pemangkasan dan pemupukan yang diberikan terhadap semua peubah pertumbuhan dan hasil tanaman cabai merah. Hal ini berarti pemangkasan yang dicobakan terhadap tanaman cabai tidak tergantung pada pemupukan, begitu pula sebaliknya.


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK