AN ANALYSIS OF ENGLISH LANGUAGE USED IN DAILY COMMUNICATION BY STUDENTS OF DAYAH MODERN DARUL ‘ULUM | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

AN ANALYSIS OF ENGLISH LANGUAGE USED IN DAILY COMMUNICATION BY STUDENTS OF DAYAH MODERN DARUL ‘ULUM


Pengarang

ULYA ZUHAIRATI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Asnawi - 197411052001121003 - Dosen Pembimbing I
Dohra Fitrisia - 197908022008122001 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1609200080017

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa Inggris (S2) / PDDIKTI : 88103

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Inggris., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebijakan dan strategi bahasa Inggris guru (ustadz) ketika mengajar di kelas. Selain itu, untuk mengetahui kendala yang dihadapi siswa dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari di Dayah Modern Darul 'Ulum Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode campuran. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kuesioner, analisis dokumen, wawancara, dan observasi untuk memperoleh data. Sebanyak 20 siswa kelas VI, pimpinan dayah dan seorang guru bahasa Inggris menjadi bagian dari subjek penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, Dayah Modern Darul 'Ulum menyusun peraturan tentang pelaksanaan bahasa Inggris dan mengembangkan beberapa program untuk meningkatkan dan memotivasi siswa untuk menggunakan bahasa Inggris. Proses belajar mengajar bahasa Inggris di kelas berjalan dengan baik. Selain itu, kuesioner menunjukkan bahwa 42,5% siswa memiliki masalah tata bahasa, 56,6% siswa menghadapi masalah kosakata, 62,5% siswa mengalami kesulitan dalam pengucapan, dan 65% siswa merasa bahwa bahasa pertama mereka mempengaruhi bahasa Inggris mereka. Terakhir, dalam hal persepsi siswa, temuan penelitian ini menunjukkan bahwa 72,5% siswa menganggap bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari yang dipraktikkan untuk mengasah keterampilan mereka, 93,3% siswa mengharapkan program bahasa harian dapat membantu mereka meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris, dan 70% siswa menganggap implementasi speaking bahasa Inggris sudah cukup baik.

This study aims to analyze the language policies and strategies of English teachers (ustadz) when teaching in class. In addition, to find out the obstacles faced by students in daily English conversation at Dayah Modern Darul 'Ulum Banda Aceh. This research uses mixed methods. In this study, the researcher used questionnaires, document analysis, interviews, and observations to obtain data. A total of 20 grade VI students, the head of the dayah and an English teacher were part of the subjects of this study. The research finding showed that first, the Dayah Modern Darul 'Ulum arranged the regulations regarding English language implementation and developed some programs to increase and motivate students to use English language. The process of teaching and learning English in the classroom is going well. In addition, the questionnaire showed that 42.5% of students had grammatical problems, 56,6% students face the vocabulary problem, 62,5% students have difficulty in pronunciation, and 65% students feel that their first language affects their English language. Last, in terms of the students’ perceptions, the findings of this study indicate that 72.5% of students consider English as a daily language which is practiced to sharpen their skills, 93,3% students expected daily language program can help them improve their English-speaking skill, and 70% students perceive English language speaking implementation was good enough.

Citation



    SERVICES DESK