ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM PROFESI GURU (PPG) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU PADA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM PROFESI GURU (PPG) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU PADA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

WILDA YULIANI - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Cut Zahri Harun - 195207111979032001 - Dosen Pembimbing I
Nasir Usman - 196012311985111003 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1709200050029

Fakultas & Prodi

Fakultas Pasca Sarjana / Administrasi Pendidikan (S2) / PDDIKTI : 86104

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Administrasi Pendidikan., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

371.12

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ANALISIS KEBIJAKAN PROGRAM PROFESI GURU (PPG) DALAM
MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU PADA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Oleh : Wilda Yuliani
NPM: 1709200050029

Komisi Pembimbing:
1. Prof. Dr. Cut Zahri Harun, M. Pd.
2. Dr. Nasir Usman, M. Pd.

ABSTRAK

Guru merupakan tenaga profesional yang dibuktikan dengan adanya sertifikat pendidik, untuk mendapatkan sertifikat pendidik guru harus mengikuti sebuah program sertifikasi yaitu Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kebijakan Program Profesi Guru (PPG) dalam peningkatan profesional guru dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan PPG dalam meningkatkan profesional guru penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Subjek dalam Penelitian ini adalah Alumni Mahasiswa Program Profesi. hasil penelitian bahwa Program profesi guru yang memiliki kebijakan namun seperti tidak tepat sasaran seperti penetapan kualifikasi calon mahasiswa PPG yang dapat diikuti oleh mahasiswa non kependidikan dan PPG hanya membuka jurusan yang disesuaikan dengan penetapan kuota oleh pemerintah pusat selain itu, tidak semua jurusan tiap tahunnya dibuka dan persaingan dengan mahasiswa dari non kependidikan yang mengikuti program profesi guru yang seharusnya program ini hanya boleh diikuti oleh guru atau mahasiswa dari kependidikan namun, mahasiswa dari non kependidikan juga dapat mengikuti program profesi ini artinya program profesi ini menggunakan model Pendidikan berlapis dimana model ini menganut sistem bahwa semua jurusan dapat menjadi guru walaupun bukan dari jurusan pendidikan, selain itu penentuan kelulusan dari program ini juga perlu ditinjau kembali karena penentuan kelulusan hanya didasarkan dari nilai uji pengetahuan bukan hasil dari nilai keseluruhan selama mahasiswa mengikuti program profesi guru ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) kualifikasi dari calon mahasiswa dianggap tidak memiliki cukup kriteria bagi calon guru, (2) model kebijakan PPG adalah model berlapis dimana bukan hanya jurusan pendidikan saja namun dari non kependidikan juga dapat mengikuti PPG, (3) sistem kelulusan yang harus dievaluasi kembali karena kelulusan didasarkan oleh nilai akhir dari uji pengetahuan.
Kata Kunci: Kebijakan, Program Profesi Guru (PPG), Profesionalisme Guru.

ANALYSIS OF THE POLICY OF THE TEACHER PROFESSION PROGRAM (PPG) IN IMPROVING PROFESSIONAL TEACHERS IN THE FACULTY OF TEACHER TRAINING AND EDUCATIONAL SCIENCES SYIAH KUALA UNIVERSITY ABSTRACT (Wilda Yuliani) Teachers are professionals as evidenced by the existence of educator certificates, to get a teacher educator certificate must follow a certification program, namely the Teacher Professional Education Program (PPG). The background of the problem in this research is the policy of the Teacher Profession Program (PPG) in the professional improvement of teachers and the purpose of this research is to find out PPG's policy in improving professional guru this research using a qualitative approach, The subject in this research is alumni of professional programs. Teacher professional programs that have policies but such as not on target such as determining the qualifications of prospective PPG students that can be followed by non-education students and PPG only open majors that are adjusted to the determination of quotas by the central government in addition, not all majors are opened annually and the education with students from non-education who follow the teacher profession program which should only be followed by teachers or students from education however, students from non-education can also participate in this professional program means that this professional program uses a layered Education model where this model adheres to the system that all majors can become teachers even if not from the education department, In addition, the determination of graduation from this program also needs to be reviewed because the determination of graduation is only based on the value of the knowledge test not the result of the overall value as long as the student participates in this teacher professional program. The conclusion of this study is (1) the qualifications of prospective students are considered not to have enough criteria for prospective teachers, (2) the PPG policy model is a layered model where not only education majors but from non-education can also follow PPG, (3) the graduation system that must be reevaluated because graduation is based on the final value of the knowledge test. Keywords: Policy, Teacher Professional Program (PPG), Teacher Professionalism.

Citation



    SERVICES DESK