ANALISIS HUBUNGAN ANTARA SIFAT-SIFAT KIMIA TANAHRNDAN KUALITAS KOPI ARABIKA GAYO | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS HUBUNGAN ANTARA SIFAT-SIFAT KIMIA TANAHRNDAN KUALITAS KOPI ARABIKA GAYO


Pengarang

Reni Mahara - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muyassir - 196404211993091001 - Dosen Pembimbing I
Yusnizar - 196808161997032001 - Dosen Pembimbing II
Zainabun - 195912071985032002 - Penguji
Abubakar - 196210101988111001 - Penguji
Ilyas - 196512311993031021 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1505108010036

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Ilmu Tanah (S1) / PDDIKTI : 54294

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Reni Mahara, 1505108010036. Analisis Hubungan Antara Sifat-Sifat Kimia Tanah Dan Kualitas Kopi Arabika Gayo. Di bawah bimbingan bapak Muyyasir sebagai pembimbing utama dan ibu Yusnizar sebagai pembimbing anggota.

RINGKASAN

Indonesia dikenal sebagai negara agraris, sekitar 70% penduduk tinggal di daerah pedesaan dengan mata pencahariannya di bidang pertanian. Kondisi seperti ini mengakibatkan peranan dalam sektor pertanian menjadi andalan utama mata pencaharian penduduk Indonesia. Sifat kimia tanah merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan peristiwa yang bersifat kimia dan terjadi di dalam tanah maupun di atas permukaan tanah. Peningkatan produksi kopi di Indonesia masih terhambat oleh rendahnya kualitas mutu biji kopi yang dihasilkan sehingga mempengaruhi perkembangan produksi akhir kopi. Menurut BPS Aceh, 2015 Kopi arabika di Aceh yang dihasilkan dari daerah dataran tinggi tanah Gayo merupakan yang terbesar di Asia , bahkan Kabupaten Aceh Tengah telah menjadi satu-satunya sentra produksi kopi berkualitas ekspor. Kopi Arabika dari Kabupaten Aceh Tengah, telah dikenal dunia karena memiliki citarasa khas dengan ciri utama antara lain aroma dan perisa yang kompleks dan kekentalan yang kuat. Oleh karena itu, penelitian ini diarahkan untuk menganalisis hubungan sifat kimia tanah dan kualitas kopi arabika gayo dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik sifat-sifat kimia tanah dan kualitas kopi arabika Gayo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey deskriptif. Analisis kesuburan tanah dalam penelitian ini menggunakan pendekatan analisis tanah atau uji tanah terdiri dari 10 parameter, yaitu : pH H2O, C-organik, N-Total, P-Tersedia, Ca-dd, Mg-dd, K-dd, Na-dd, KTK dan KB. Tahap teknik pengumpulan data dimulai dari persiapan data sekunder yaitu : pengumpulan data yang bersumber dari perpustakaan, studi literatur dan instansi terkait. Data primer, data yang diperoleh berdasarkan pengamatan langsung di lapangan, data hasil analisis tanah dan data hasil analisis sampel kopi (cupping). Penelitian ini terbagi dalam tiga tahapan yaitu: pengambilan sampel tanah beserta biji kopi ceri dilapangan dan analisis tanah di Laboratorium Penelitian Tanah dan Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, dan analisis biji kopi di Laboratorium Gayo Cuppers Team (GCT) Kabupaten Aceh Tengah dan data dianalisis menggunakan SPSS untuk melihat korelasi. Hasil penelitian menunjukkan korelasi yang tidak nyata antara parameter sifat kimia tanah yang dianalisis terhadap citarasa kopi arabika Gayo 1, melainkan berkorelasi positif terhadap rasio hara K/Ca, K/Mg dan Kejenuhan Na/KTK.





Citation



    SERVICES DESK