PERSEPSI DAN EKSPEKTASI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN MASKER SEBAGAI ALAT PELINDUNG DIRI DARI COVID-19 (STUDI FENOMENOLOGI PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

PERSEPSI DAN EKSPEKTASI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN MASKER SEBAGAI ALAT PELINDUNG DIRI DARI COVID-19 (STUDI FENOMENOLOGI PADA MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH)


Pengarang

Putri Hidayati Aziz - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Bakhtiar - 196612311999031004 - Dosen Pembimbing I
Nurjannah - 197907112006042002 - Dosen Pembimbing II
Irwan Saputra - 197810162003121002 - Penguji
H. Said Usman - 197010151992031004 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1807201010007

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Kesehatan Masyarakat / PDDIKTI : 13101

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Kedokteran (S2)., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Latar Belakang : Pandemi COVID-19 menimbulkan masalah kesehatan, ekonomi dan sosial. Tindakan pengendalian infeksi yang dapat dilakukan merupakan kombinasi aksi personal, identifikasi kasus dan kontak, serta regulasi pemerintah. Penggunaan masker merupakan intervensi yang dapat membantu pengendalian infeksi secara adekuat sekaligus berdampak sangat minimal terhadap kondisi sosial dan ekonomi. Kepatuhan masyarakat yang masih kurang dalam menggunakan masker membuat penelitian ini menarik untuk dilakukan. Metode Penelitian : Penelitian ini menggunakan desain kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam terhadap 8 orang informan tokoh masyarakat dan diskusi kelompok terarah pada 10 orang informan masyarakat umum. Data dianalisis secara kualitatif melalui analisis tematik. Hasil : Tiga tema yang didapatkan: (1) Persepsi masyarakat terhadap COVID-19. (2) Alasan yang mendasari perilaku penggunaan masker. (3) Ekspektasi terkait kondisi pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi negatif terhadap COVID-19 dan penggunaan masker sebagian besar disebabkan oleh rendahnya kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah sebagai figur otoritas. Kesimpulan: Pemerintah perlu lebih bekerja sama dengan tokoh masyarakat, terutama tokoh agama yang dianggap sebagai role model oleh masyarakat, untuk menyampaikan informasi terkait pentingnya penggunaan masker dan kaitannya dengan nilai-nilai keagamaan. Kesejajaran persepsi antara tokoh agama dan pakar kesehatan diharapkan dapat menjadi kunci penyampaian informasi terkait pentingnya penggunaan masker yang pada akhirnya dapat meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam pelaksanaannya.

Background : The COVID-19 pandemic inflict health, economic and social aspect. Infection control measures that can be taken are combination of personal action, identification of cases and contact tracing, along with government regulations. The mask using is an intervention that have adequate infection control ability, whilst having minimal impact on social and economic conditions. Reasons why public’s lack of obedience in using mask is the main question of this study. Methods: This study performed a qualitative design with phenomenological approach. Data were collected through in-depth interviews with 8 community leaders and focus group discussions with 10 general public informants. Data were analyzed qualitatively through thematic analysis. Results : Three themes obtained: (1) Public perception towards COVID-19. (2) Reasons underlying the behavior of mask using. (3) Expectations related to pandemic conditions. Results showed that negative perceptions were mainly due to low level of public trust in government as an authority figure. Conclusion: The government needs to collaborate more with community-leaders, especially religious-leaders who are considered role models by the community in delivering information COVID-19 and mask wearing which in turn can improve community discipline in its implementation.

Citation



    SERVICES DESK