PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS 1 DI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS X IPS 1 DI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN


Pengarang

BUNAIYA MARFUZAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Drs. Mawardi, M.Hum., - 196803281993031001 - - - Dosen Pembimbing I
Muhammad Haikal - 198808302017031101 - Dosen Pembimbing II
Muhjam Kamza - 198912072017031101 - Penguji
Zulfan - 196107081989101001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806101020028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya keaktifan siswa saat belajar pelajaran sejarah kelas X IPS 1 di SMA Negeri 2 Peusangan. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TTW bisa meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dan bagaimana respon siswa ketika diterapkan model TTW dalam pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ialah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis one shot case study. Adapun yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas X IPS 1 yang berjumlah 26 orang. Pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi dan angket. Hasil dari pengamatan di lembar observasi menjunjukkan hasil bahwa tingkat keaktifan belajar siswa berada dalam kategori sangat tinggi, yaitu dengan kecenderungan 87  73,3. Keaktifan belajar sebelum diterapkan model TTW masuk dalam kategori sangat rendah, yaitu bernilai 42 < 73,3. Respon yang diberikan siswa terhadap penerapan model TTW berada dalam kategori tinggi dengan persentase 99,96%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model TTW dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah dan mendapatkan respon yang baik dari siswa.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Model Kooperatif tipe Think Talk Write (TTW)

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK