EVALUASI SIFAT KIMIA TANAH PADA LAHAN KOPI ARABIKA ORGANIK DAN ANORGANIK DI KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

EVALUASI SIFAT KIMIA TANAH PADA LAHAN KOPI ARABIKA ORGANIK DAN ANORGANIK DI KECAMATAN BEBESEN KABUPATEN ACEH TENGAH


Pengarang

YAMSIL MUHAMMAD - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Sufardi - 196211171987021001 - Dosen Pembimbing I
ilyas yunus - - - Dosen Pembimbing II
Yadi Jufri - 196511271990091001 - Penguji
Zuraida - 196903101994032002 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1605108010037

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Ilmu Tanah (S1) / PDDIKTI : 54294

Subject
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Yamsil Muhammad. 1605108010037. Evaluasi Sifat Kimia Tanah pada Kebun Kopi Arabika Organik dan Anorganik di Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah dibimbing oleh Sufardi sebagai pembimbing ketua dan Ilyas sebagai pembimbing anggota.

RINGKASAN

Kopi arabika adalah salah satu komoditi ekspor unggulan Indonesia yang telah dikenal di pasar domestik maupun internasional. Kopi arabika tumbuh baik di dataran tinggi Gayo yaitu Bener Meriah, Aceh Tengah dan Gayo lues. Hampir keseluruhan keluarga di dataran tinggi Gayo menggantungkan hidupnya pada kebun kopi arabika. Terdapat dua sistem pengelolaan kopi arabika yaitu sistem budidaya orgnaik dan anorganik. Tanaman kopi arabika memiliki kebutuhan unsur hara ynang tinggi, terutama untuk agar tetap baik, ketidak seimbangan hara akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman dan produksi tanaman kopi. Dari berbagai teknik pengelolaan kopi maka akan berbeda pula dampaknya terhadap kualitas tanah. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi sifat kimia tanah pada kebun kopi arabika organik dan anorganik di Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah.
Lokasi studi ini terdapat di di Gampong Blang Gele Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah pada koordinat 4037’57.18”LU 96048’25.16”BT dengan luas areal masing-masing sekitar 5.000 m2. Pengambilan sampel tanah dilakukan pada titik-titik sampel pewakil dari masing-masing kebun kopi arabika dengan menggunakan bor tanah. Sampel tanah yang diambil adalah sampel tanah lapisan atas (0–20 cm) dan sampel lapisan tanah bawah (20–40 cm).
Hasil dari studi ini menunjukkan bahwa pengelolaan kopi arabika secara organik memberikan pengaruh yang lebih baik terhadap kualitas tanah dibandingkan pengelolaan secara anorganik. Beberapa sifat kimia tanah seperti pH (H2O), K dapat ditukar (K-dd), kapasitas tukar kation (KTK) dan kejenuhan basa (KB) mempunyai kualitas yang lebih tinggi pada lahan kopi arabika organik dibandingkan lahan kopi arabika anorganik. Kendala utama pada lahan kopi arabika organik adalah rendahnya P-tersedia, sedangkan pada lahan kopi anorganik ada dua kendala yaitu pH tanah masam dan kejenuhan basa yang rendah.

Citation



    SERVICES DESK