PENDUGAAN LAPISAN AQUIFER MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS PADA DAERAH PERKEBUNANRNDI LEMBAH BUJANG, MALAYSIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENDUGAAN LAPISAN AQUIFER MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS PADA DAERAH PERKEBUNANRNDI LEMBAH BUJANG, MALAYSIA


Pengarang

Samsul Fala Alaidin - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0708102010003

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Fisika (S1) / PDDIKTI : 45201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2013

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian mengenai pendugaan lapisan aquifer menggunakan metode resistivitas pada daerah perkebunan di Lembah Bujang, Malaysia. Tujuan penelitian ini adalah menentukan nilai resistivitas semu bawah permukaan dan pemodelan 2-D dari data hasil pengukuran, serta melakukan interpretasi data geolistrik tahanan jenis 2-D dalam bentuk struktur batuan bawah permukaan dan menentukan lapisan aquifer. Metode yang dipakai adalah metode resistivitas konfigurasi Wenner-Schlumberger dan Pole-Dipole sedangkan alat yang digunakan adalah terameter ABEM SAS4000. Proses pengolahan data menggunakan software Res2Dinv sehingga diperoleh gambaran hasil penampang resistivitas 2-D bawah permukaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua lintasan pengukuran memiliki nilai resistivitas yang bervariasi, mulai dari rendah (1-200 Om) dan sedang (200-5000 Om). Dari tujuh lintasan pengukuran, salah satu lintasan pengukuran memiliki nilai resistivitas rendah. Hal ini menunjukkan sifat batuan yang sangat konduktifkarena lintasan ini berada sangat dekat dengan genangan air (rawa). Hasil interpretasi data diperoleh bahwa nilai resistivitas rendah pada semua lintasan, inj diduga sebagai lapisan aquifer yang terdapat pada kedalaman 7,45 m sampai dengan 43 m dengan ketebalan yang bervariasi antara 19 m sampai dengan 67.5 m.

Kata kunci : metode resistivitas, metode Wenner-Schlumberger, metode Pole-Dipole,
method aquifer.





Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK