ANALISIS TEMPLATE MATCHING PADA BERBAGAI CITRA MULTIRESOLUSI UNTUK PERSEBARAN TANAMAN KELAPA SAWITRN(STUDI KASUS: PT PERKEBUNAN NUSANTARA I LANGSA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS TEMPLATE MATCHING PADA BERBAGAI CITRA MULTIRESOLUSI UNTUK PERSEBARAN TANAMAN KELAPA SAWITRN(STUDI KASUS: PT PERKEBUNAN NUSANTARA I LANGSA)


Pengarang

NURUL OYA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muhammad Rusdi - 197704012006041001 - Dosen Pembimbing I
Yulia Dewi Fazlina - 198607192015042002 - Dosen Pembimbing II
Teuku Alvisyahrin - 196203301988111003 - Penguji
Sugianto - 196502231992031003 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1805108010022

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Ilmu Tanah (S1) / PDDIKTI : 54294

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Nurul Oya. 1805108010022. Analisis Template Matching Pada Berbagai Citra Multiresolusi Untuk Persebaran Tanaman Kelapa Sawit (Studi Kasus: PT Perkebunan Nusantara I Langsa). Dibawah bimbingan Muhammad Rusdi sebagai pembimbing utama dan Yulia Dewi Fazlina sebagai pembimbing anggota.

RINGKASAN
Menghitung jumlah tegakan tanaman kelapa sawit guna mempermudah suatu instansi atau perkebunan dalam memperkirakan jumlah produksi kelapa sawit dan penggunaan pupuk dalam setiap kebun merupakan pekerjaan yang membutuhkan waktu dan biaya yang sangat mahal jika dilakukan secara manual.
Perhitungan tanaman kelapa sawit dengan memanfaatkan citra penginderaan jauh, memudahkan suatu instansi atau masyarakat dalam memperkirakan jumlah produksi kelapa sawit. Aplikasi penginderaan jauh di bidang perkebunan terutama untuk menghitung jumlah tegakan tanaman dapat dilakukan dengan menggunakan pendekatan berdasarkan area atau sering disebut sebagai metode Template Matching.
Penelitian ini membandingkan tingkat resolusi citra dalam keberhasilan algoritma template matching untuk mendeteksi dan menghitung tanaman kelapa sawit menggunakan analisis deskriptif dan metode survei. Penelitian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu, tahapan pra analisis, analisis dan post analisis. Tahap pra analisis terdiri dari pengumpulan data-data spasial seperti citra multiresolusi dan shapefile kebun, serta data-data non spasial seperti bahan bacaan yang bersumber dari buku, jurnal dan thesis. Citra multiresolusi yang digunakan terdiri dari citra resolusi rendah (MODIS), citra resolusi menengah (Landsat 8 dan Sentinel-2), citra resolusi tinggi (SPOT 6 dan Google Earth Imagery) dan citra resolusi sangat tinggi (Citra Foto Udara).
Hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan metode Template Matching pada citra MODIS, Landsat, Sentinel dan SPOT 6 tidak terdapat bentuk tajuk yang bisa dijadikan sampel untuk mendeteksi kelapa sawit. Sedangkan penggunaan citra foto udara lebih cocok digunakan dalam kasus pendeteksian tanaman kelapa sawit. Hal tersebut karena citra ini memiliki resolusi spasial sangat tinggi sehingga pada saat proses select sample tajuk tanaman kelapa sawit mudah dikenali.
Untuk perkebunan rakyat skala kecil atau perkebunan perorangan lebih baik menggunakan citra resolusi tinggi Google Earth Imagery. Hasil perbandingan citra antara citra resolusi tinggi Google Earth dan citra foto udara juga tidak terlalu memberikan hasil perhitungan yang berbeda.

Citation



    SERVICES DESK