PENILAIAN SIKAP PADA HASIL BELAJAR SISWA OLEH GURU DI SMPN 1 KUALA KAB. NAGAN RAYA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENILAIAN SIKAP PADA HASIL BELAJAR SISWA OLEH GURU DI SMPN 1 KUALA KAB. NAGAN RAYA


Pengarang

JULIA FARIDA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ruslan - 197602032003121001 - Dosen Pembimbing I
Hasbi Ali - 197011222005011002 - Dosen Pembimbing II



Nomor Pokok Mahasiswa

1706101010037

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini berjudul : “Penilaian Sikap Pada Hasil Belajar Siswa Oleh Guru di SMPN 1 Kuala Kab. Nagan Raya”. Latar belakang penulisan skripsi ini adalah penilaian ranah sikap selama ini belum berjalan secara optimal guru juga masih belum paham dengan penilaian ranah sikap, karna masih kurangnya wawasan dalam menggunakan dan menjalankan penilaian tersebut. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menjelaskan penilaian ranah sikap di SMPN 1 Kuala. (2) Untuk mengetahui kompetensi guru dalam melaksanakan penilaian ranah sikap. (3) Untuk mengetahui kendala dalam melaksanakan penilaian ranah sikap di SMPN 1 Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitataif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualiatif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang guru di SMP 1 Kuala, Kab. Nagan Raya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Teknik penilaian ranah sikap yang selama ini diterapkan di SMP Negeri 1 Kuala ialah teknik observasi atau pengamatan yang dilaksanakan di dalam kelas selama pembelajaran dengan menggunakan lembar observasi. Selain itu, teknik penilaian antar teman dan teknik penilaian diri yang dilaksanakan pada akhir semester dengan menggunakan instrument skala Gutmann. (2) Kompetensi Guru dalam melaksanakan penilaian sikap di SMPN 1 Kuala sudah sesuai dengan konsep dasar sebagi guru yang kompeten dalam melaksanakan penilaian sikap tersebut. (3) Kendala dalam menerapkan penilaian ranah sikap di SMP Negeri 1 Kuala adalah guru yang masih kesulitan dalam memahami sistem klasifikasi penilaian dan sistem akhir penskoran, serta ada beberapa guru yang masih belum paham dalam menggunakan instrumen penilaian diri dan teman sejawat Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penilaian ranah sikap di SMPN 1 Kuala telah dilaksanakan dengan cukup baik, melalui kompetensi guru profesional dan kompetensi pedagogic guru memiliki kemampuan dalam memahami karakter dan sikap siswa, namun dalam pelaksanaanya mengalami kendala dalam memahami masing-masing karakter siswa dan sulitnya guru dalam membimbing siswa dikarenakan banyaknya jumlah siswa dan waktu yang terbatas.

This research is entitled: "Assessment of Attitudes on Student Learning Outcomes by Teachers at SMPN 1 Kuala Kab. Nagan Raya". The background of writing this thesis is that the assessment of the attitude domain so far has not run optimally, the teacher also still does not understand the assessment of the attitude domain, because there is still a lack of insight in using and carrying out the assessment. This study aims (1) to explain the assessment of the attitude domain at SMPN 1 Kuala. (2) To determine the competence of teachers in carrying out the assessment of the domain of attitudes. (3) To find out the obstacles in carrying out the attitude assessment at SMPN 1 Kuala. This research uses a qualitative approach with a descriptive type of research. Data collection techniques in the form of interview and documentation techniques. While the data analysis technique used qualitative descriptive data analysis techniques. The informants in this study were 5 teachers at SMP 1 Kuala, Kab. Nagan Raya. The results of the study show that (1) The attitude assessment technique that has been applied at SMP Negeri 1 Kuala is an observation technique or observations carried out in the classroom during learning by using observation sheets. In addition, peer assessment techniques and self-assessment techniques are carried out at the end of the semester using the Gutmann scale instrument. (2) Teacher competence in carrying out attitude assessment at SMPN 1 Kuala is in accordance with the basic concept as a competent teacher in carrying out the attitude assessment. (3) Obstacles in applying attitude assessment at SMP Negeri 1 Kuala are teachers who still have difficulty understanding the classification system of assessment and final scoring system, and there are some teachers who still do not understand using self-assessment instruments and peers. Based on the results of the study, it can be concluded that the implementation of the attitude assessment at SMPN 1 Kuala has been carried out quite well, through professional teacher competence and pedagogic competence the teacher has the ability to understand the character and attitudes of students, but in its implementation there are obstacles in understanding each student's character and the difficulty of teachers in guiding students due to the large number of students and limited time.

Citation



    SERVICES DESK