PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS (IT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN SECARA KONVENSIONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PERBEDAAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA BERBASIS (IT) DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN SECARA KONVENSIONAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH


Pengarang

CUT RISNA JUWITA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Ruslan - 197602032003121001 - Dosen Pembimbing I
Hasbi Ali - 197011222005011002 - Dosen Pembimbing II
Muhammad Yunus - 197203102005011001 - Penguji
Maimun - 198104202010121003 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706101010040

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (S1) / PDDIKTI : 87205

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Risna Juwita, Cut. 2022. Perbedaan Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis IT dengan Media Pembelajaran Secara Konvensional dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Ruslan, S.Pd., M.Ed. (2) Hasbi Ali, S.Pd., M.Si
Kata Kunci: Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis IT, Media Pembelajaran Secara Konvensional,Hasil Belajar.
Penelitian ini berjudul “Perbedaan Penggunaan Media Pembelajaran Ular Tangga Berbasis IT dengan Media Pembelajaran Secara Konvensional dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Banda Aceh”.Penelitian ini mengangkat permasalahan apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran ular tangga berbasis IT dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media pemebelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media permainan ular tangga berbasis (IT) pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Banda Aceh, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Banda Aceh, (3) mengetahui perbandingan hasil belajar siswa menggunakan media permainan ular tangga berbasis (IT) dengan media konvensional pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek dari penelitian ini peserta didik di SMPN 8 Banda Aceh dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA dan VIIIB tahun ajaran 2021/2022 di SMPN 8 Banda Aceh yang berjumlah 60 peserta didik. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis IT dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional,dengan diperolehnya nilai rata-rata siswa yang menggunakan media pembelajaran berbasis IT sebesar 77,33 dan nilai rata-rata siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional sebesar 60. Dengan thitung≥ ttabelpada taraf signifikan 1% sehingga diperoleh hasil thitung= 5,46≥ ttabel= 2,66sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran ular tangga berbasis IT lebih tinggi dibanding hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran konvensional

ABSTRACT Risna Juwita, Cut. 2022. Differences in the Use of IT-Based Snakes and Ladders Learning Media with Conventional Learning Media in Improving Learning Outcomes of Class VIII Students at SMP Negeri 8 Banda Aceh. Thesis, Department of Pancasila and Citizenship Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Supervisor: (1) Dr. Ruslan, S.Pd., M.Ed. (2) Hasbi Ali, S.Pd., M.Si Keywords: IT-Based Snakes and Ladders Learning Media, Conventional Learning Media, Learning Outcomes. This study entitled "The Differences in Using IT-Based Snakes and Ladders Learning Media with Conventional Learning Media in Improving VIII Grade Student Learning Outcomes at SMP Negeri 8 Banda Aceh". with student learning outcomes using conventional learning media. This study aims to (1) determine the increase in student learning outcomes using the snake and ladder-based game (IT) media for class VIII students at SMP Negeri 8 Banda Aceh, (2) determine the increase in student learning outcomes using conventional learning media for class VIII students. at SMP Negeri 8 Banda Aceh, (3) to find out the comparison of student learning outcomes using the snake and ladder-based game (IT) media with conventional media for class VIII students at SMP Negeri 8 Banda Aceh. This study uses a quantitative approach with experimental methods. The subjects of this study were students at SMPN 8 Banda Aceh and the samples in this study were students in grades VIIIA and VIIIB for the academic year 2021/2022 at SMPN 8 Banda Aceh, totaling 60 students. The data collection technique in this study used observation and learning outcomes tests. The data analysis technique used in this research is to perform normality test, homogeneity test and t test. The results showed that there was an increase in student learning outcomes using IT-based learning media and an increase in student learning outcomes using conventional learning media, with the average score of students using IT-based learning media being 77.33 and the average score of students using conventional learning media is 60. With tcount ttable at a significant level of 1% so that the results obtained tcount = 5.46 ttable = 2.66 so it can be concluded that student learning outcomes using IT-based snake and ladder learning media are higher than student learning outcomes who use conventional learning media

Citation



    SERVICES DESK