PROBLEMATIKATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI COT KEU EUNG LAM SABANG KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN RNACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PROBLEMATIKATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA DAN MENULIS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI COT KEU EUNG LAM SABANG KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN RNACEH BESAR


Pengarang

Nisya Abdillah - Personal Name;

Dosen Pembimbing

M. Yamin - 195912311985031025 - Dosen Pembimbing I
Suci Fitriani - 198701052019032008 - Dosen Pembimbing II
Bukhari - 195907151986031003 - Penguji
Nurmasyitah - 198505072010122004 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104040022

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci: Problematikatika Pembelajaran, Membaca, Menulis
Berdasarkan wawancara awal dengan guru kelas IV, terdapat beberapa anak yang belum atau tidak mencukupi kriteria ketuntasan minimal (KKM) di antaranya dari 15 siswa 7 orang yang belum mencapai standar kelulusan, selain itu siswa yang belum mencapai KKM masih perlu dibimbing lagi, dari 7 orang itu 3 orang yang belum bisa menulis membaca, karena terdapat beberapa hambatan dalam proses pembelajaran di antaranya adalah anak bermalas-malasan belajar dan bisa dibilang tidak ada usaha untuk bisa menulis dan membaca. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; Apa saja problematikatika pembelajaran membaca dan menulis pada siswa kelas IV SD Negeri Cot Keu Eueng? Dan apakah solusi dari problematikatika pembelajaran membaca dan menulis pada siswa kelas IV SD Negeri Cot Keu Eueng? Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui problematikatika pembelajaran membaca dan menulis pada siswa SD Negeri Cot Keu Eueng dan ntuk mengetahui solusi dari problematikatika pembelajaran membaca dan menulis pada siswa kelas IV SD Negeri Cot Keu Eueng
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru kelas IV dan 3 siswa kelas IV SD Negeri Cot Keu Eueng. Sampel penelitian yang digunakan adalah sampel bertujuan atau purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mengenai problematikatika pembelajaran membaca dan menulis pada siswa kelas IV SD Negeri Cot Keu Eueng.
Berdasarkan hasil analisis data, terdapat beberapa problematikatika pembelajaran yang dialami oleh siswa kelas IV SD Negeri Cot Keu Eueng, yaitu keterbatasan guru dalam menggunakan bahan pembelajaran, daya serap siswa dalam pembelajaran lemah, kurangnya motivasi dari orang tua siswa dalam mengajarkan membaca menulis di rumah, dan siswa kurang fokus dan bosan dalam pembelajaran. Hal itu ditunjukkan dari hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas dan siswa kelas IV terkait problematikatika membaca dan menulis. Solusi yang didapat adalah melebihkan fokus perhatian pada peserta didik yang mempunyai problematikatika dalam pembelajaran, menerapkan media dan metode pembelajaran yang beragam. Juga diharapkan terjalinnya kerja sama yang baik antara siswa, sekolah juga orang tua siswa dalam mengatasi problematikatika pembelajaran di SD Negeri Cot Keu Eueng untuk kemajuan pendidikan dan masa depan siswa.

Keywords: Learning Problems, Reading, Writing Based on the initial interview with the fourth grade teacher, there were several children who had not or did not meet the minimum completeness criteria (KKM), including 7 students from 15 students who had not reached the graduation standard. There are 3 people who cannot write and read, because there are several obstacles in the learning process, including children who are lazy to study and arguably there is no effort to be able to write and read. The formulation of the problem in this research are; What are the problems of learning to read and write for fourth graders at SD Negeri Cot Keu Eueng? And what is the solution to the problems of learning to read and write for fourth graders at SD Negeri Cot Keu Eueng? This study aims to find out the problems of learning to read and write to the students of SD Negeri Cot Keu Eueng and to find out solutions to the problems of learning to read and write in the fourth grade students of SD Negeri Cot Keu Eueng. This research uses a qualitative approach with a descriptive type of research. The research subjects were fourth grade teachers and three fourth grade students at SD Negeri Cot Keu Eueng. The research sample used was purposive sampling. The technique of collecting data was through observation and interviews regarding the problems of learning to read and write in the fourth grade students of SD Negeri Cot Keu Eueng. Based on the results of data analysis, there are several learning problems experienced by fourth grade students at SD Negeri Cot Keu Eueng, namely the limitations of teachers in using learning materials, weak absorption of students in learning, lack of motivation from parents in teaching reading and writing at home, and students are less focused and bored in learning. This is shown from the results of observations and interviews with class teachers and fourth grade students related to reading and writing problems. The solution obtained is to increase the focus of attention on students who have problems in learning, apply various media and learning methods. It is also hoped that good cooperation will be established between students, schools and parents in overcoming learning problems at SD Negeri Cot Keu Eueng for the advancement of education and the future of students.

Citation



    SERVICES DESK