STRUKTUR HISTOLOGIS KELENJAR PADA PROVENTRIKULUS AYAM HUTAN, AYAM BURAS DAN AYAM BROILER | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

STRUKTUR HISTOLOGIS KELENJAR PADA PROVENTRIKULUS AYAM HUTAN, AYAM BURAS DAN AYAM BROILER


Pengarang

Irma Yani - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0281410029

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Biologi (S1) / PDDIKTI : 46201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2007

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui frekuensi relatif sel pada tunika mukosa dan panjang kelenjar proventrikulus pada ayam hutan, ayam buras, dan ayam broiler. Penelitian ini menggunakan 9 ekor ayam jantan dewasa yang terdiri atas ayam hutan, ayam buras dan ayam broiler. Penelitian ini menggunakan metode eksperirnental yang terdiri atas 3 eksperimen. Pembuatan sediaan histologis menggunakan metode parafin. ediaan diwarnai dengan pewarnaan Hematoksilin dan Eosin (HE) unruk mengamati sel-sel utarna, sel-sel parietal dan sel-sel rnukus leher dan diwamai dengan pewarnaan impregnasi perak untuk mengamati sel-sel argirofil (0). Parameter yang diamati tcrdiri atas : frekucnsi relatif chief sel (sel utama), frekuensi relatif sel parietal. frekuensi relati f sel mukus leher, dan frekuensi relatif sel 0 serta panjang kelenjar pada proventrikulus ketiga jenis ayam. Data yang diperoleh dari frekuensi relatif sel-sel dianalisis secara deskriptif dan ditampilkan daJam bentuk label dan gambar, sedangkan data panjang kelenjar dianalisis dengan analisis varian kemudian dilanjutkan dengan uji BNJ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perbedaan frekuensi sel utama, sel parietal. sel mukus leber dan sel 0 serta panjang kelenjar pada proventrikulus ayam hutan, ayam buras dan ayam broiler. Pcrbedaan inj diduga disebabkan oleh adanya perbedaan jenis makanan.



Kata kunci : proventrikulus, panjang kelenjar, sel utama, sel parietal, sel mukus leber
dan sel O.











Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK