HUBUNGAN MANAJEMEN PELAYANAN PASIEN, MOTIVASI KERJA DAN KARAKTERISTIK DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RSUD PEMERINTAH KABUPATEN PIDIE | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    THESES

HUBUNGAN MANAJEMEN PELAYANAN PASIEN, MOTIVASI KERJA DAN KARAKTERISTIK DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RSUD PEMERINTAH KABUPATEN PIDIE


Pengarang

Teungku Muhammad Sabil - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Marthoenis - 198307292016091101 - Dosen Pembimbing I
Hilman Syarif - 198111282010121001 - Dosen Pembimbing II
Hajjul Kamil - 196803071990021001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1812201010002

Fakultas & Prodi

Fakultas Keperawatan / Ilmu Keperawatan (S2) / PDDIKTI : 14101

Penerbit

Banda Aceh : Program Studi Magister Keperawatan., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS SYIAH KUALA
FAKULTAS KEPERAWATAN
PROGRAM STUDI MAGISTER KEPERAWATAN

TESIS
18 Januari 2022

xiv + V BAB + 121 Halaman + 9 Tabel + 2 Skema + 2 Gambar + 13 Lampiran

TEUNGKU MUHAMMAD SABIL
1812201010002

HUBUNGAN MANAJEMEN PELAYANAN PASIEN, MOTIVASI KERJA DAN KARAKTERISTIK DENGAN KEPUASAN KERJA PERAWAT DI RSUD PEMERINTAH KABUPATAEN PIDIE

ABSTRAK

Pelayanan rumah sakit sangat penting untuk memperhatikan dan meningkatkan kepuasan kerja perawat. Salah satu faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja yaitu, faktor case manajer, motivasi dan karakteristik. Kepuasan kerja perawat dalam pengembangan profesional keperawatan dapat memberikan pedoman bagi manajemen rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan manajemen pelayanan pasien, motivasi kerja perawat dan karakteristik dengan kepuasan kerja perawat. Jenis penelitian bersifat deskriptif korelatif dengan pendekatan Cross- Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 303 perawat yang bekerja di RSUD Pemerintah Kabupaten Pidie. Pengumpulan data menggunakan data demografi/ karakteristik, kuesioner persepsi perawat tentang case management, kuesioner motivasi kerja dari teori Mc.Clelland dan kuesioner kepuasan kerja perawat dari Minnesota Satisfaction Questionnaire. Data dianalisis menggunakan uji Chi-Square Test dan Regresi Logistik dengan metode Stepwise. Hasil uji bivariat diketahui usia (p= 0,022), pendidikan (p= 0,001), penghasilan (p= 0,000), manajemen pelayanan pasien (p= 0,004) dan motivasi kerja (p= 0,000) berhubungan dengan kepuasan kerja perawat. Sedangkan jenis kelamin (p= 0,525), masa kerja (p= 0,068), dan status pernikahan (p= 0,236) tidak ada hubungan dengan kepuasan kerja perawat. Penghasilan perawat merupakan prediktor yang paling dominan berhubungan dengan kepuasan kerja perawat (p= 0,000; OR= 4,064). Penulis menyarankan perawat perlu meningkatkan motivasi kerja, kepuasan kerja dan memberikan dukungan dengan sesama profesi keperawatan.

Kata Kunci : Manajemen Pelayanan Pasien , Motivasi Kerja, Karakteristik,
Kepuasan Kerja Perawat
Daftar Bacaan : 39 buku, 46 jurnal, 8 sumber online (1981 - 2021)

MINISTRY OF EDUCATION, CULTURE, RESEARCH, AND TECHNOLOGY UNIVERSITAS SYIAH KUALA FACULTY OF NURSING MASTER PROGRAM OF NURSING SCIENCE THESIS January 18, 2022 xiv + V Chapter + 121 Pages + 9 Tables + 2 Schema + 2 Figures + 13 Appendices TEUNGKU MUHAMMAD SABIL 1812201010002 THE RELATIONSHIP OF PATIENT CARE MANAGEMENT, JOB MOTIVATION AND CHARACTERISTICS WITH NURSE'S JOB SATISFACTION AT PIDIE REGIONAL HOSPITALS ABSTRACT Hospital services are essential to pay attention to and improve nurses job satisfaction. One of the factors that affect job satisfaction is case manager, motivation and characteristics. The nurses job satisfaction in the professional development of nursing provides guidelines for hospital management. This study aims to find out the relationship of patient care management, job motivation and characteristics with nurse job satisfaction. This type of research is descriptively correlative with a Cross-Sectional approach. The sample in this study was 303 nurses who worked at the Pidie Regional Hospital. Data collection using demographic/characteristic data, nurse perception questionnaire about case management, job motivation questionnaire from Mc.Clelland's theor and nurse job satisfaction questionnaire from Minnesota Satisfaction Questionnaire. The data was analyzed using the Chi-Square Test and Logistic Regresi tests with the Stepwise method. Bivariate test results are known to age (p= 0.022), education (p= 0.001), income (p= 0.000), patient care management (p= 0.004) and job motivation (p= 0.000) is associated with nurse job satisfaction. Gender (p = 0.525), working period (p = 0.068), and marital status (p= 0.236) had no association with nurse job satisfaction. Nurse income was the most dominant predictor of nurse job satisfaction (p= 0.000; OR= 4,064). The author suggested nurses needed to improve job motivation, job satisfaction and provide support with fellow nursing professions. Keywords : Patient Care Management, Job Motivation, Characteristics, Nurse Job Satisfaction Reading List : 39 books, 46 journals, 8 sources online (1981 - 2021)

Citation



    SERVICES DESK