KESANTUNAN BERBAHASA DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KESANTUNAN BERBAHASA DI KALANGAN MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA


Pengarang

Putri Maulidar - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Mohd. Harun - 196603051993031003 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Iqbal - 198011232006041001 - Dosen Pembimbing II
Denni Iskandar - 196902161994031003 - Penguji
Subhayni - 197911262006041004 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706102010015

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Putri Maulidar. 2022. Kesantunan Berbahasa di Kalangan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Prof. Dr. Mohd. Harun, M.Pd. (2) Muhammad Iqbal, S.Pd., S.H., M.Hum.
Kata kunci: Kesantunan Berbahasa, Maksim Kesantuan Leech, Mahasiswa
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan berbahasa pada tuturan mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala berdasarkan (1) maksim kebijaksanaan; (2) maksim kedermawanan; (3) maksim pujian; (4) maksim kesederhanaan; (5) maksim pemufakatan; (6) maksim kesimpatian. Data dalam penelitian adalah tuturan mahasiswa Pendidikan Bahasa Indonesia yang dikelompokkan dalam enam maksim kesantunan menurut teori Leech. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, perekaman, dan pencatatan. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) menerjemahkan dan mengelompokkan data tuturan mahasiswa; (2) menganalisis data kesantunan berbahasa; (3) menyimpulkan hasil analisis data terkait kensantunan berbahasa pada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya tuturan yang memenuhi kriteria teori maksim kesantunan Leech. Tuturan tersebut telah dirinci sebagai berikut: (1) berdasarkan maksim kebijaksanaan, ditemukan 6 tuturan yang memenuhi kriteria maksim kesantunan; (2) maksim kedermawanan, ditemukan 3 data yang memenuhi kriteria maksim kedermawanan; (3) maksim pujian, ditemukan 4 tuturan yang mematuhi maksim; (4) maksim kesederhanaan, hanya ditemukan 1 tuturan yang mematuhi maksim; (5) maksim pemufaktan, ditemukan 5 data yang mematuhi prinsip maksim pemufakatan; (6) maksim kesimpatian, ditemukan 2 data yang memenuhi prinsip maksim kesimpatian. Keseluruhan data yang didapat dan dianalisis berjumlah 21 data. Seluruh data telah mematuhi prinsip maksim kesantunan berbahasa, oleh karenanya mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP USK dapat dikatan santun dalam berbahasa.

Citation



    SERVICES DESK