KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 06 MEDAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATEMATIKA DI SMP MUHAMMADIYAH 06 MEDAN


Pengarang

EKA SYAFRIDA HARAHAP - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Yuhasriati - 196612311991022001 - Dosen Pembimbing I
Cut Khairunnisak - 198411272015042003 - Dosen Pembimbing II
Salasi R - 195707141984031003 - Dosen Pembimbing III
19631109 199103 2 001 - - - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1706103020022

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kemampuan metakognisi merupakan kemampuan seseorang dalam proses merencanakan strategi, memantau strategi, dan mengevaluasi strategi. Metakognisi memiliki peranan penting bagi siswa untuk membantunya dalam proses penyelesaian masalah matematika dengan strategi yang sistematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika serta memaparkan strategi-strategi yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika dengan kemampuan metakognisi yang dimilikinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 06 Medan. Proses pengumpulan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Data dari hasil tes kemudian dikelompokkan sesuai dengan kategori kemampuan metakognisi yang telah ditetapkan yaitu: rendah, sedang, dan tinggi, selanjutnya siswa diwawancarai menggunakan pedoman wawancara untuk mengakuratkan data hasil tes. Hasil kemampuan metakognisi siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika di kelas VIII-1 SMP Muhammadiyah 06 Medan pada materi pola bilangan dengan subjek kemampuan metakognisi tinggi mampu menggunakan kemampuan metakognisinya dengan baik. Subjek kemampuan metakognisi sedang dalam menyelesaikan masalah strategi yang digunakan masih terdapat kekurangan dan kesalahan dalam penulisan. Subjek kemampuan metakognisi rendah belum mampu menggunakan kemampuan metakognisinya dengan baik, karena tidak satupun masalah yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik. Serta untuk strategi-strategi yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika berdasarkan kategori kemampuan metakognisi tinggi ialah lengkap, dimana siswa mampu menyelesaikan permasalahan dengan ketiga tahapan kemampuan metakognisi yaitu merencanakan, memantau, dan mengevaluasi strategi. Siswa dengan kategori kemampuan metakognisi sedang masih kurang lengkap dalam menuliskan ketiga tahapan dari metakognisi. Siswa dengan kategori kemampuan metakognisi rendah tidak mampu dalam menyelesaikan permasalahan dengan ketiga tahapan kemampuan metakognisi.

Kata Kunci: Kemampuan metakognisi, penyelesaian masalah matematika.

Metacognition ability is a person's ability in the process of planning strategies, monitoring strategies, and evaluating strategies. Metacognition has an important role for students to help them in the process of solving mathematical problems with systematic strategies. This study aims to describe students' metacognitive abilities in solving math problems and describe the strategies students use in solving math problems with their metacognitive abilities. This study uses a qualitative approach with a descriptive type of research. The subjects in this study were students of class VIII-1 SMP Muhammadiyah 06 Medan. The process of collecting data using test and interview techniques. The data from the test results are then grouped according to the metacognitive ability categories that have been determined, namely: low, medium, and high, then students are interviewed using interview guidelines to accurately test the test results data. The results of students' metacognitive abilities in solving mathematical problems in class VIII-1 SMP Muhammadiyah 06 Medan on the number pattern material with the subject of high metacognitive abilities being able to use their metacognitive abilities well. The subject of metacognitive ability is in solving the problem of the strategy used there are still shortcomings and errors in writing. Subjects with low metacognitive abilities have not been able to use their metacognitive abilities well, because none of the problems given can be solved properly. As well as the strategies used by students in solving mathematical problems based on the category of high metacognitive ability are complete, where students are able to solve problems with the three stages of metacognitive ability, namely planning, monitoring, and evaluating strategies. Students with the category of moderate metacognition ability are still incomplete in writing the three stages of metacognition. Students with low metacognitive ability category are not able to solve problems with the three stages of metacognition ability. Keywords: Metacognition ability, mathematical problem solving.

Citation



    SERVICES DESK