PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA FRACTION STRIPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBAGIAN PECAHAN DI KELAS V SDN LAMSAYUEN ACEH BESAR | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA FRACTION STRIPS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PEMBAGIAN PECAHAN DI KELAS V SDN LAMSAYUEN ACEH BESAR


Pengarang

RAIHANI FADHILA - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I
Linda Vitoria - 198105062010122001 - Dosen Pembimbing II
Monawati - 195705261981032001 - Penguji
M. Yamin - 195912311985031025 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806104040028

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Fadhila, Raihani. 2022. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Fraction Strips
Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Pecahan di Kelas V SDN Lamsayuen Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Intan Safiah, S.Ag., M.Pd., (2) Linda Vitoria, S.Si., M.Sc.


Kata Kunci: alat peraga fraction strips, hasil belajar, pembagian pecahan.

Penelitian ini berjudul, “Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Fraction Strips Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Pecahan di Kelas V SDN Lamsayuen Aceh Besar”. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah Terdapat Pengaruh Signifikan Penggunaan Alat Peraga Fraction Strips Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Pecahan di Kelas V SDN Lamsayuen Aceh Besar?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Signifikan Penggunaan Alat Peraga Fraction Strips Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembagian Pecahan di Kelas V SDN Lamsayuen Aceh Besar.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan model One Group Pretest Posttest Design. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk soal cerita berjumlah 3 butir. Teknik analisis data dengan menggunakan uji statistic non-parametrik yaitu uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis dengan nilai Z hitung adalah sebesar -4,723 dengan sig 0,000. Karena nilai sig < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak, oleh karena itu H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan alat peraga fraction strips terhadap hasil belajar siswa pada materi pembagian pecahan di kelas V SDN Lamsayuen Aceh Besar.

ABSTRACT Fadhila, Raihani. 2022. Effect of Using Fraction Strips Props Against Student Learning Outcomes on Fraction Distribution Material in Class V SDN Lamsayuen Aceh Besar. Thesis, Department of Elementary School Teacher Education, Faculty of Teacher Training and Education, Syiah Kuala University. Supervisor: (1) Dr. Intan Safiah, S.Ag., M.Pd., (2) Linda Vitoria, S.Si., M.Sc. Keywords: fraction strips teaching aid, learning outcomes, division of fractions. This study entitled, "The Effect of Using Fraction Strips Teaching Aids on Student Learning Outcomes on Fraction Distribution Material in Class V SDN Lamsayuen Aceh Besar". The formulation of the problem in this study is "Is there a significant effect of the use of Fraction Strips teaching aids on student learning outcomes in the material for dividing fractions in Class V SDN Lamsayuen Aceh Besar?". This study aims to determine the Significant Effect of Using Fraction Strips Teaching Aids on Student Learning Outcomes on Fraction Distribution Material in Class V SDN Lamsayuen Aceh Besar. The approach in this study is a quantitative approach, with the One Group Pretest Posttest Design model. The samples in this study were 29 students in class V. The data collection technique was carried out with a test in the form of a story question totaling 3 items. The data analysis technique used a non-parametric statistical test, namely the Wilcoxon test. The results showed that the hypothesis testing with the calculated Z value was -4.723 with a sig of 0.000. Because the value of sig

Citation



    SERVICES DESK