//

PENGGUNAAN GUANO DAN PUPUK NPK-MUTIARA TERHADAP KUALITAS MEDIA PEMBIBITAN RNSUBSOIL DAN PERTUMBUHAN BIBIT RNKELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mukhtaruddin - Personal Name
SubjectSEEDS
FERTILIZERS
OIL PALMS
Bahasa Indonesia
Fakultas Magister Sains
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

MUHKTARUDDIN, 2014. Penggunaan Guano dan Pupuk NPK-Mutiara terhadap Kualitas Media Pembibitan Subsoil dan Pertumbuhan Bibit Kelapa Sawit (Elaeis guineensis Jacq). Tesis Magister, Program Pascasarjana Unversitas Syiah Kuala, di bawah bimbingan Sufardi dan Ashabul Anhar. ABSTRAK Pemanfaatan subsoil sebagai media tumbuh untuk pembibitan merupakan tantangan untuk menggantikan peran topsoil sebagai media tanam pembibitan kelapa sawit terutama pada main nursery. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pupuk Guano dan pupuk NPK terhadap perubahan sifat kimia tanah dan pertumbuhan bibit kelapa sawit pada media tumbuh sub-soil. Percobaan dilakukan di dalam pot (polibag) dengan menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktorial 4 x 3 dalam 3 ulangan. Ada dua faktor yang diteliti yaitu faktor dosis pemberian pupuk Guano dengan empat taraf, yaitu : 0 kg, 0,5 kg, 1,0 kg, dan 1,5 kg/polibag dan faktor dosis pemberian pupuk NPK yang terdiri atas tiga taraf, yaitu : 0, 15, dan 30 g/polibag. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanah subsoil dapat digunakan untuk media pembibitan dengan aplikasi pupuk Guano dan pupuk NPK. Dosis pupuk Guano dan pupuk NPK mempengaruhi beberapa sifat kimia tanah yaitu peningkatan pH tanah, C dan N total dan P tersedia, dan Kapasitas Tukar Kation (KTK) serta berpengaruh terhadap pertumbuhan bibit kelapa sawit umur 16 hari setelah tanam. Kombinasi perlakuan yang memberikan pertumbuhan bibit terbaik diperoleh pada pemberian 1,0 kg Guano + 30 kg Pupuk NPK (Mutiara). Kata Kunci : guano, pupuk NPK, media subsoil, pertumbuhan bibit

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA INDIGENOUS DAN PUPUK ROCK PHOSPHATE TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ.) DI MAIN NURSERY PADA HISTOSOL (MUHAMMAD IQBAL, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOMPOS DAN MIKORIZA TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ.) (Vini Masyitoh Lubis, 2019)

APLIKASI PUPUK GUANO DAN MULSA ORGANIK SERTA PENGATURAN JARAK TANAM UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TANAH DAN HASIL BAWANG MERAH (ALLIUM ASCALONICUM L.) (Mulyono, 2014)

PEMBERIAN LIMBAH KOPI, EM-4 DAN MIKORIZA UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS TANAH DAN PERTUMBUHAN BIBIT KOPI ARABIKA GAYO-1 (COFFEA ARABICA L.) (DJODI HARCU SANTOSO, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK HAYATI CAIR ULTRA GEN DAN PUPUK MAJEMUK NPK MAHKOTA (12-12-17-2) TERHADAP PERTUMBUHAN BIBIT KELAPA SAWIT (ELAEIS GUINEENSIS JACQ. ) DI MAIN NURSERY (Rian Jura Arrazi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy