Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
PENGARUH MAKANAN DAN MINUMAN HALAL TERHADAP NIAT KUNJUNGAN ULANG KE HOTEL DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI RNVARIABEL MODERASI
Pengarang
MUHAMMAD ZAHRAN HIBATULLAH - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Iskandarsyah - 196511062000031001 - Dosen Pembimbing I
Nurma Sari - 198907182015042002 - Penguji
Ridwan Nurdin - 197006092005011003 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1801104010027
Fakultas & Prodi
Fakultas Ekonomi dan Bisnis / Ekonomi Islam (S1) / PDDIKTI : 60202
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas Ekonomi dan Bisnis., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
Pengetahuan dan kepedulian umat Islam tentang prinsip-prinsip Syariah terus meningkat, dan mereka mencari layanan berkualitas lebih baik yang sejalan dengan kepatuhan Syariah. Termasuk dalam melakukan kunjungan ke hotel, kebutuhan dasar Muslim seperti makanan dan minuman halal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh makanan dan minuman halal terhadap niat kunjungan ulang ke hotel dengan religiusitas sebagai variabel moderasi pada wisatawan beragama muslim. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 165 responden menggunakan alat analisis diskriminan dengan Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sampel disebarkan kepada responden yang menjadi pengujung 8 hotel yang ada di Banda Aceh dan Aceh Besar. Kemudian, penelitian ini di uji menggunakan alat Analisis Regresi Sederhana dan Analisis Regresi Moderasi (MRA). Berdasarkan dari hasil penelitian menyatakan bahwa variabel makanan dan minuman halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat kunjungan ulang ke hotel halal. Dan untuk pengujian variabel moderasi menunjukkan bahwa Religiusitas memperlemah hubungan langsung antara makanan dan minuman halal terhadap niat kunjungan ulang ke hotel atau berpengaruh tidak signifikan.
Kata Kunci : Makanan dan Minuman Halal, Niat Kunjungan Ulang, Religiusitas
The knowledge and concern of Muslims about Sharia principles is constantly increasing, and they are looking for better quality services that are in line with Shariah compliance. Included in visiting hotels, basic Muslim needs such as halal food and drinks. This study aims to determine the effect of halal food and beverages on the intention of repeat visits to hotels with religiosity as a moderating variable for Muslim tourists. This research is a quantitative research by distributing questionnaires to 165 respondents using discriminant analysis tools with a sampling technique using purposive sampling technique, the sample is distributed to respondents who are visitors to 8 hotels in Banda Aceh and Aceh Besar. Then, this study was tested using Simple Regression Analysis and Moderated Regression Analysis (MRA). Based on the results of the study, it was stated that the halal food and beverage variable had a positive and significant effect on the intention of revisiting a halal hotel. And for testing the moderating variable, it shows that religiosity weakens the direct relationship between halal food and beverages on the intention to return to the hotel or has no significant effect. Keywords: Halal Food and Beverage, Revisit Intention, Religiosity
PENGARUH RELIGIUSITAS TERHADAP NIAT PEMBELIAN ULANG YANG DI MEDIASI OLEH MEREK HALAL BERBASIS HUBUNGAN PADA PRODUK WARDAH (ELA OKTAVIANA, 2018)
DETERMINAN MINAT PELAKU USAHA PRODUK MAKANAN KEMASAN MENGURUS SERTIFIKASI HALAL DI KOTA BANDA ACEH (ZAHRINA KEUMALA ZAHUSA, 2021)
PENGARUH SERTIFIKASI HALAL TERHADAP NIAT PEMBELIAN PADA MAKANAN DAN MINUMAN KEMASAN IMPOR DI SUZUYA MALL BANDA ACEH (AULIA AFKARIA AYU, 2016)
ANALISIS FAKTOR PALING BERPENGARUH TERHADAP PENERAPAN HALAL SUPPLY CHAIN MANAGEMENT BERDASARKAN PELAYANAN MAKANAN DI HOTEL BANDA ACEH DAN SEKITARNYA (Farhan, 2019)
DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT MEMBELI MAKANAN SECARA ONLINE DI KOTA BANDA ACEH (NUR AULIANI, 2022)