ANALISIS BAURAN PEMASARAN PRODUK INOVATIF TEH PALA “NUTMEG TEA” PADA USAHA HANTARAN COFFEE DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    LAPORAN KERJA PRAKTEK

ANALISIS BAURAN PEMASARAN PRODUK INOVATIF TEH PALA “NUTMEG TEA” PADA USAHA HANTARAN COFFEE DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Geubrina Dali Aliantara - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Elvira Iskandar - 198210222009122003 - Dosen Pembimbing I



Nomor Pokok Mahasiswa

1805002010025

Fakultas & Prodi

Fakultas Pertanian / Manajemen Agribisnis (D3) / PDDIKTI : 54401

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Pertanian (D3)., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

338.17

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

RINGKASAN

Usaha produk inovatif “Nutmeg Tea” adalah produk unggulan pada usaha Hantaran Coffee yang berbahan baku teh dan pala. Perpaduan antara teh dan pala dengan racikan rempah-rempah seperti jahe, sereh, cengkeh, dalam air rebusan bubuk kayu manis dan kapulaga, ditambah madu dan sedikit soda menambah citarasa yang komplit. Hal ini yang menjadi daya tarik bagi konsumen. Sebagian besar bisnis minuman yang berkembang saat ini tidak mampu bertahan lama. Sebagian besar bisnis tersebut jatuh atau bangkrut karena beberapa faktor, antara lain faktor manajemen yang masih sederhana, kekurangan modal usaha dan hilangnya konsumen yang beralih pada produk lain. Hal ini menjadi tantangan bagi pemasaran di usaha agroindustry minuman.
Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana bauran pemasaran (4P) pada usaha teh pala “Nutmeg Tea” dan STP (segmenting, targeting, dan positioning) pada usaha teh pala “Nutmeg Tea”. Lokasi tugas akhir bertempat di Hantaran Coffee Kota Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan survei menggunakan kuesioner pada 36 responden yang ditentukan dengan metode accidental sampling terhadap konsumen yang membeli produk teh pala. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dan tabulasi silang.
Berdasarkan hasil tugas akhir ini, usaha teh pala “Nutmeg Tea” memiliki empat bauran pemasaran (4P). Pada atribut produk, kemasan teh pala “Nutmeg Tea” dinilai menarik, dan kualitas rasa sesuai dengan selera konsumen. Pada atribut harga, nilai jual teh pala “Nutmeg Tea” dinilai relatif terjangkau, sesuai dengan kualitas, dan manfaat yang didapatkan oleh konsumen. Produk teh pala “Nutmeg Tea” dijual di Hantaran Coffee sehingga tempat distribusi dinilai strategis. Promosi teh pala “Nutmeg Tea” dilakukan dengan menggunakan media sosial via Whatsapp dan Instagram, juga melalui informasi dari teman / kerabat.
Hasil analisis tabulasi silang menunjukkan bahwa, segmentasi pasar produk teh pala “Nutmeg Tea” adalah laki-laki dan perempuan berusia diatas 15 tahun dengan tingkat pendidikan tamat SMA, dan Sarjana. Target pasar produk teh pala “Nutmeg Tea” adalah laki-laki yang berusia 15 – 24 tahun dengan tingkat pendidikan SMA/SLTA yang sebahagian besar diantaranya adalah mahasiswa. Positioning produk ini adalah dengan menggunakan kata “teh” dan “pala” sebagai dua kata kunci dari produk teh pala “Nutmeg Tea” sehingga mudah diingat oleh konsumen juga dikarenakan produk ini adalah minuman herbal teh pala pertama.

SUMMARY The innovative product business "Nutmeg Tea" is a superior product in the Coffee Delivery business which is made from tea and nutmeg. The combination of tea and nutmeg with a mixture of spices such as ginger, lemongrass, cloves, in boiling water of cinnamon and cardamom powder, plus honey and a little soda adds a complete taste. This is what attracts consumers. Most of the growing beverage business today is not able to last long. Most of these businesses fell or went bankrupt due to several factors, including management factors that were still simple, lack of working capital and the loss of consumers who switched to other products. This is a challenge for marketing in the beverage agro-industry business. The purpose of this final project is to find out how the marketing mix (4P) in the nutmeg tea business "Nutmeg Tea" and STP (segmenting, targeting, and positioning) in the "Nutmeg Tea" nutmeg tea business is. The final project location is at Hantaran Coffee, Banda Aceh City. Data was collected through observation, and a survey using a questionnaire on 36 respondents determined by the accidental sampling method to consumers who bought nutmeg tea products. The analytical method used is descriptive quantitative analysis method and cross tabulation. Based on the results of this final project, the nutmeg tea business "Nutmeg Tea" has four marketing mixes (4P). In product attributes, the packaging of nutmeg tea "Nutmeg Tea" is considered attractive, and the taste quality is in accordance with consumer tastes. In the price attribute, the selling value of nutmeg tea "Nutmeg Tea" is considered relatively affordable, in accordance with the quality, and benefits obtained by consumers. The nutmeg tea product "Nutmeg Tea" is sold at Hantaran Coffee so that the distribution location is considered strategic. Promotion of nutmeg tea "Nutmeg Tea" is carried out using social media via Whatsapp and Instagram, also through information from friends / family`s The results of the cross tabulation analysis show that the market segmentation of the nutmeg tea product "Nutmeg Tea" is men and women aged over 15 years with a high school education level, and a bachelor's degree. The target market for the nutmeg tea product "Nutmeg Tea" is men aged 15-24 years with a high school/high school education level, most of whom are university students. The positioning of this product is to use the words "tea" and "nutmeg" as the two keywords of the nutmeg tea product "Nutmeg Tea" so that it is easy for consumers to remember because this product is the first herbal tea of nutmeg.

Citation



    SERVICES DESK