//

STRATEGI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM MENGURANGIRNSTEREOTIPE NEGATIF TERHADAP SUKU BATAKRNDI RUSUNAWA KEUDAH, BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Maya Hervia Putri - Personal Name
SubjectCOMMUNICATION
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi Antarbudaya Dalam Mengurangi Stereotipe Negatif Terhadap Suku Batak di Rusunawa Keudah, Banda Aceh”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kendala yang dialami warga bersuku Batak dalam berkomunikasi di Rusunawa Keudah dan strategi komunikasi antarbudaya yang digunakan oleh warga bersuku Batak dalam mengurangi stereotipe negatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik yang menyarankan bahwa agar terjadi komunikasi yang efektif, maka komunikator harus mampu menyesuaikan diri dan menyusun simbol sesuai dengan simbol yang digunakan komunikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview) dan observasi (pengamatan) nonpartisipan terhadap informan penelitian. Wawancara dilakukan terhadap 13 informan, yang terdiri dari 10 orang informan kunci dan 3 orang informan tambahan. Informan ditentukan dengan menetapkan kriteria tertentu, informan kunci memiliki kriteria merupakan warga Batak yang sudah menetap di Rusunawa Keudah sekurang-kurangnya 6 bulan, sedangkan informan tambahan memiliki kriteria merupakan warga yang bukan keturunan Batak dan telah menetap di Rusunawa Keudah sekurang-kurangnya 6 bulan. Wawancara dan observasi dilakukan di Rusunawa Keudah, tepatnya di rumah hunian masing-masing informan serta lingkungan sekitarnya. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa hampir semua informan kunci mengetahui bagaimana stereotipe negatif yang beredar mengenai suku Batak dan merasa terganggu dengan stereotipe tersebut. Selain stereotipe negatif, kendala yang dialami informan pada saat berkomunikasi dengan warga sekitar terangkum dalam gejala gegar budaya ringan yang mereka alami, yaitu kecemasan, perasaan terisolasi, kendala bahasa yang berbeda dan adanya perbedaan perlakuan antara warga lokal dengan warga pendatang. Untuk mengurangi stereotipe negatif, warga keturunan Batak di Rusunawa Keudah menggunakan strategi komunikasi akomodasi dimana mereka menyesuaikan perilaku verbal dan non verbal lawan bicaranya. Warga Batak mengaku menyesuaikan logat maupun bahasa dari lawan bicaranya pada saat mereka berkomunikasi dengan warga yang berbeda kebudayaan. Selain itu, mereka juga melakukan kegiatan bersama dengan warga lain saat ada acara-acara yang diadakan masyarakat maupun hanya sekedar berkumpul saat ada waktu luang serta menyesuaikan diri dengan kebiasaan masyarakat lokal. Hal tersebut mereka lakukan agar mereka dapat berbaur dengan baik sehingga stereotipe negatif terhadap suku Batak lambat laun berkurang. Kata Kunci : strategi komunikasi antarbudaya, stereotipe negatif, suku Batak.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN KEPADATAN DENGAN STRES PADA WARGA RUMAH SUSUN SEDERHANA SEWA (RUSUSNAWA) DI GAMPONG KEUDAH BANDA ACEH (Bayu Permadi, 2016)

POLA KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM KEBERAGAMAN SUKU DI DAERAH PERBATASAN PROVINSI ACEH(STUDI PADA SUKU SINGKIL DENGAN SUKU PENDATANG DI KECAMATAN SIMPANG KIRI KOTA SUBULUSSALAM) (Khusnul Khatimah, 2018)

ANALISA PERHITUNGAN KEBUTUHAN AIR BERSIH DAN AIR KOTOR (STUDI KASUS GEDUNG RUSUNAWA KEUDAH) (Ikmal, 2018)

PERANAN KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM PEMBENTUKAN HUBUNGAN YANG HARMONIS ANTARA MAHASISWA MALAYSIA DAN MAHASISWA ACEH (PENELITIAN DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH) (Nurul Aida, 2015)

KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM PERKAWINAN CAMPUR SUKU JAWA DENGAN SUKU PAKPAK DI KOTA SUBULUSSALAM (Suparman, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy