Electronic Theses and Dissertation
Universitas Syiah Kuala
SKRIPSI
ANALISIS NILAI-NILAI KARATER PADA BUKU SISWA KELAS 5 RNTEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 1 RNMANUSIA DAN LINGKUNGAN
Pengarang
DEA ARDILA - Personal Name;
Dosen Pembimbing
Intan Safiah - 197704052008122002 - Dosen Pembimbing I
Monawati - 195705261981032001 - Dosen Pembimbing II
Bukhari - 195907151986031003 - Penguji
M. Yamin - 195912311985031025 - Penguji
Nomor Pokok Mahasiswa
1606104040075
Fakultas & Prodi
Fakultas KIP / Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) / PDDIKTI : 86206
Subject
Kata Kunci
Penerbit
Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022
Bahasa
No Classification
-
Literature Searching Service
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)
ABSTRAK
Ardila, Dea. 2022. Analisis Nilai-Nilai Karakter Pada Buku Siswa Kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia Dan Lingkungan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:
(1) Dr. Intan Safiah, S.Ag.,M.Pd. (2) Dra. Monawati, M.Pd.
Kata kunci: analisis, nilai karakter, buku siswa
Lemahnya karakter bangsa Indonesia yang selama ini diyakini sangat kuat dan teguh dihadapkan pada situasi yang kurang menguntungkan. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam perbaikan nilai-nilai karakter dalam pendidikan yaitu melalui Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi Revisi 2017 yang dikeluarkan oleh Kemendikbud. Buku siswa telah dirancang sedemikian rupa untuk menyisipkan nilai-nilai karakter melalui setiap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan, serta mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat pada buku siswa kelas 5 Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita Subtema 1 Manusia Dan Lingkungan sesuai dengan Permendibud Pasal 2 No.20 Tahun 2018.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka atau penelitian pustaka. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 53 Banda Aceh. Sumber data dari penelitian ini berupa buku siswa kelas 5 tema 8 Lingkungan Sahabat Kita subtema 1 Manusia dan Lingungan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diolah berdasarkan teori Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan nilai-nilai karakter pada buku siswa kelas 5 tema 8 lingkungan sahabat kita subtema 1 manusia dan lingkungan dapat disimpulkan nilai karakter yang muncul ada 11 nilai karakter yaitu rasa ingin tahu, cinta tanah air, peduli lingkungan, kerja keras, mandiri, tanggung-jawab, kreatif, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, gemar membaca, dan toleransi. Nilai karakter yang muncul telah sesuai dengan standar UU Permendikbud Pasal 2 No. 20 Tahun 2018 karena memuat nilai karakter yang telah ditetapkan.
PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA SUBTEMA 3 USAHA PELESTARIAN LINGKUNGAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI KELAS V SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Sumarniati Desky, 2019)
KEMAMPUAN SISWA MEMAHAMI MATERI GAYA SUBTEMA LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL DI KELAS IV SD NEGERI 57 BANDA ACEH (Irmania Sablia Dianti, 2018)
PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU KELAS IV SD NEGERI 3 JEUMPA KABUPATEN BIREUEN (Istialina, 2016)
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HEWAN DAN TUMBUHAN DI LINGKUNGAN RUMAHKU DI KELAS IV SD NEGERI 8 BANDA ACEH (NURFITRIA, 2015)
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA MANUSIA DAN LINGKUNGAN DI KELAS V SD NEGERI 1 PAGAR AIR (Ulan Sundari, 2019)