//

PENAMPILAN FENOTIPIK DAN PENDUGAAN PARAMETER GENETIK BEBERAPA GENOTIPE CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Usi karlina - Personal Name
SubjectCHILI
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Usi karlina. Penampilan fenotipik dan pendugaan parameter genetik beberapa genotipe cabai merah (Capsicum annuum L.)” di bawah bimbingan (Almr) M.Nasir Arafat, Siti Hafsah sebagai pembimbing utama dan Ainun Marliah sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penampilan fenotipik dan pendugaan parameter genetik beberapa genotipe tanaman cabai merah. Penelitian dilaksanakan di kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Darussalam Banda Aceh pada tanggal 5 Mei sampai dengan 17 Agustus 2012. Rancangan percobaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK Nonfaktorial). Ada 4 genotipe cabai merah yang digunakan sebagai perlakuan yaitu : G1= Varietas lokal Rotan, G2= Varietas Hibrida Lado, G3= Varietas lokal cabai merah keriting, G4= Varietas bersari bebas Andalas. Masing-masing perlakuan diulang tiga kali, sehingga terdapat 12 satuan percobaan yang dicobakan. Untuk mengetahui perbedaan nilai masing-masing penampilan fenotipik pada berbagai genotipe yang dicobakan digunakan uji BNJ pada taraf 5%. Pendugaan parameter genetik tanaman cabai merah meliputi (1) Ragam genetik (σ2g) (2) Ragam lingkungan (σ2e) (3) Koefisien Keragaman Genetik (KKG), (4) Heritabilias dalam arti luas (h2bs), (5) Kemajuan genetik harapan (KGH). Parameter yang diamati adalah Berat Berangkasan Kering Tanaman (g), Jumlah Daun Per Tanaman (helai), Tinggi Tanaman (cm), Berat Buah Cabai Merah Per Hektar (ton/ha), Berat Buah Cabai Merah Per Tanaman (g), Panjang Buah Cabai Merah (cm), Jumlah Buah Cabai Merah Per Tanaman (buah). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan genotipe berpengaruh nyata terhadap hasil dan komponen hasil tanaman cabai merah. Varietas hibrida Lado menunjukkan hasil dan komponen hasil tertinggi dibandingkan dengan varietas lokal Rotan, varietas bersari bebas Andalas dan varietas lokal Keriting, tetapi tidak memberikan pengaruh nyata terhadap pertumbuhan tanaman. Nilai duga parameter genetik untuk pertumbuhan tanaman cabai merah menunjukkan kategori rendah, sehingga belum ada keragaman genetik yang memadai untuk dilanjutkan dalam kegiatan pemuliaan tanaman berikutnya. Nilai duga parameter genetik hasil dan komponen hasil tanaman cabai merah menunjukkan kategori sedang, sehingga ada keragaman genetik dalam populasi untuk dilanjutkan dalam kegiatan pemuliaan tanaman berikutnya.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEKTIFITAS PERENDAMAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) DALAM CACL2 (KALSIUM KLORIDA) TERHADAP SUSUT BOBOT DAN KADAR VITAMIN C (Khusnul Khatimah, 2019)

PENDUGAAN PARAMETER GENETIK BEBERAPA GENOTIPE CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUUM L.) DAN KARAKTER KETAHANAN PENYAKIT ANTRAKNOSA (Susi Yanti, 2018)

KARAKTERISASI MORFOLOGI DAN PENDUGAAN PARAMETER GENETIK BEBERAPA GENOTIPE PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) (rahmatillah, 2016)

INDUKSI KETAHANAN GENOTIPE CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) LOKAL MENGGUNAKAN ISOLAT RIZOBAKTERI UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM (FUSARIUM OXYSPORUM) INDUKSI KETAHANAN GENOTIPE CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L.) LOKAL MENGGUNAKAN ISOLAT RIZOBAKTERI UNTUK PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM (FUSARIUM OXYSPORUM) (Anita Rahayu, 2019)

PENGARUH DOSIS MIKORIZA GIGASPORA SP. TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS CABAI (CAPSICUM ANNUUM L.) PADA TANAH ENTISOL (Desi Novianti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy