ANALISIS KAWASAN BERPOTENSI LONGSOR MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN PENGINDERAAN JAUH (STUDI KASUS : DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ANALISIS KAWASAN BERPOTENSI LONGSOR MENGGUNAKAN APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS DAN PENGINDERAAN JAUH (STUDI KASUS : DAERAH ALIRAN SUNGAI KRUENG ACEH)


Pengarang

Ilyas - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0408101010056

Fakultas & Prodi

Fakultas MIPA / Matematika (S1) / PDDIKTI : 44201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam., 2011

Bahasa

Indonesia

No Classification

551.307 598 11

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Daerah Aliran Sungai (DAS) adalah suatu wilayah penerima air hujan yang dibatasi oleh punggung bukit atau gunung, dimana semua curah hujan yang jatuh di atasnya akan mengalir di sungai utama dan akhirnya bermuara ke laut. Pasca konflik dan bencana tsunami banyak terjadi illegal logging dan land clearing untuk mengkonversi hutan menjadi lahan pertanian dan pemukiman. Jika kejadian ini terus berJanjut dikhawatirkan akan tetjadinya bencana di kemudian hari khususnya longsor. Longsor merupakan salah satu bencana yang sering terjadi pada musim hujan. Umumnya longsor sering terjadi di daerah pegunungan yang mempunyai kelerengan yang terjal. Dalam menganalisa daerah berpotensi longsor, maka diperlukan data-data yang mendukung dalam menganalisa kawasan berpotensi longsor. Data-data yang diperlukan adalah data curah hujan, ketinggian wilayah, penggunaan laban, jenis tanah, dan kemiringan lereng. Semua data tersebut akan diberikan bobot nilai sehingga dari bobot nilai tersebut akan diketahui daerah yang tidak berpotensi, potensi rendah, potensi sedang, potensi rawan, dan potensi sangat rawan teIjadinya longsor.

Kata kunci : DAS, longsor, bobot nilai


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK