PENGGUNAAN DEIKSIS DALAM JURNALISME WARGA PADA SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

PENGGUNAAN DEIKSIS DALAM JURNALISME WARGA PADA SURAT KABAR SERAMBI INDONESIA


Pengarang

Phya forenja - Personal Name;

Dosen Pembimbing

Muhammad Iqbal - 198011232006041001 - Dosen Pembimbing I
Muhammad Idham - 197610072006041002 - Dosen Pembimbing II
Mohd. Harun - 196603051993031003 - Penguji
Armia - 197108221998021001 - Penguji



Nomor Pokok Mahasiswa

1806102010063

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) / PDDIKTI : 88201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas KIP., 2022

Bahasa

Indonesia

No Classification

401.456

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Forenja, Phya 2022. Penggunaan Deiksis dalam Jurnalisme Warga pada Surat Kabar Serambi Indonesia. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing :
(1) Muhammad Iqbal, S.Pd., S.H., M.Hum. (2) Muhammad Idham, S.Pd., M.Ed.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan deiksis yang terdapat dalam jurnalisme warga pada surat kabar Serambi Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah jurnalisme warga pada surat kabar Serambi Indonesia. Data dalam penelitian ini berupa kalimat-kalimat yang mengandung penggunaan deiksis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahap, yaitu (1) membaca dan memahami jurnalisme warga sehingga memperoleh kata atau kalimat yang mengandung deiksis, (2) melakukan pengelompokan terhadap data yang telah diperoleh, (3) mendeskripsikan hasil temuan berupa deiksis apa saja yang terdapat dalam jurnalisme warga. Hasil penelitian menunjukkan berbagai jenis deiksis digunakan dalam jurnalisme warga pada surat kabar Serambi Indonesia edisi 27 sampai dengan 31 Desember 2021. Penggunaan deiksis tersebut yakni, (1) deiksis persona yang digunakan meliputi deiksis persona I tunggal saya, deiksis persona I jamak kami dan kita, Deiksis persona II tunggal Anda, deiksis persona III tunggal ia, dia, dan beliau, persona III jamak mereka. (2) deiksis tempat yang digunakan yaitu di sini. (3) Deiksis waktu yang digunakan meliputi masa lalu yakni saat itu, pagi itu, dulunya, pekan lalu, masa sekarang, yakni kini, saat ini, sedangkan yang meliputi masa depan, yakni ke depan, terjadi kemudian, sesaat kemudian, dan tujuh jam kemudian. (4) Deiksis wacana yang digunakan meliputi anafora, yakni ini, itu,-nya, itulah, dia, ia, sedangkan deiksis wacana katafora, yakni Anda. (5) deiksis sosial yang digunakan meliputi deiksis sosial yang berjenis jabatan, yakni ketua dekranas Aceh, kanwil BPN, tenaga ahli menteri agraria, kepala daerah dan anggota legislatif, deiksis sosial yang berjenis profesi, yakni dosen, ahli seni ukir, nelayan, deiksis sosial yang berjenis julukan, yakni anak, orang tua, pemuda, keluarga miskin, investor, politisi, deiksis sosial yang berjenis gelar yakni para ahli.


Citation



    SERVICES DESK