//

KEBIJAKAN BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Alfri Sinulingga - Personal Name
SubjectPOLICY MAKING - POLITICAL SCIENCE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik-Universitas Syiah Kuala
Tahun Terbit 2014

Abstrak/Catatan

Lembaga Baitul Mal Kota Banda Aceh adalah Lembaga yang berfungsi sebagai lembaga yang meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun kenyataannya tingkat kemiskinan dikota Banda Aceh masih saja tinggi. Pada tahun 2010 penduduk miskin berjumlah 20.077 ribu jiwa, tahun 2011 berjumlah 20.084 ribu jiwa dan pada tahun 2012 berjumlah 20.025 ribu jiwa. Dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi Baitul Mal kota Banda Aceh mengambil kebijakan pengentasan kemiskinan diKota Banda Aceh, mengetahui implementasi kebijakan Baitul Mal kota Banda Aceh, serta dukungan masyarakat kota Banda Aceh terhadap lembaga Baitul Mal kota Banda Aceh. Metode dalam penulisan skripsi ini adalah penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian Kepustakaan meliputi buku teks, peraturan perundang-undangan, jurnal dan skripsi/tesis. Penelitian lapangan dilakukan dengan wawancara mendalam dan observasi dengan 8 orang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Kebijakan Baitul Mal adalah pengumpulan ZIS Baitul Mal dengan cara bersosialisasi langsung kemasyarakat dan sosialisasi lewat media, Strategi Kebijakan Pengelolaan Baitul Mal tidak ada dikarenakan tidak memiliki kewenangan yang luas dan strategi kebijakan penyaluran Baitul Mal ialah dengan cara pendataan dan penyeleksian. Implementasi Kebijakannya masih sedikit masyarakat Mustahik yang mendapat lapangan pekerjaan dan yang sudah sejahtera, ini disebabkan oleh masih adanya kendala dari proses pengelolaan keuangan Baitul Mal. Dukungan Masyarakat ialah dengan cara memberikan ZIS secara langsung dan secara tidak langsung. Strategi kebijakan Baitul Mal kota Banda Aceh dalam pengentasan kemiskinan ada 3 yaitu strategi Kebijakan pengumpulan ZIS, strategi kebijakan pengelolaan ZIS dan strategi penyaluran ZIS. Implementasi kebijakannya masih kurang optimal dikarenakan masih minimnya dana ZIS. Dukungan masyarakat mengharapkan lembaga Baitul Mal Kota Banda Aceh harus lebih baik. Kata Kunci: Strategi Kebijakan, Implementasi Kebijakan, Dukungan Masyarakat.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERAN BAITUL MAL DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN DI KABUPATEN ACEH JAYA (Saipuddin, 2021)

PENGENTASAN KEMISKINAN OLEH PEMERINTAH DAERAH (STUDI KASUS DI GAMPONG BLANG UYOK KECAMATAN JULOK KABUPATEN ACEH TIMUR) (MUNANDAR, 2019)

PENGARUH REMITANSI TERHADAP KEMISKINAN DI ASEAN-4 (Taufiq Fahrizal, 2021)

UPAYA BAITUL MAL ACEH DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN MELALUI PROGRAM BEASISWA SATU KELUARGA SATU SARJANA (ROSDIANA, 2021)

KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH DALAM PENERTIBAN PEDAGANG KAKI LIMA (ROSA WULLANDARI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy