Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

Skripsi

PENYERAPAN LOGAM KROMIUM MENGGUNAKAN BENTONIT AKTIF SECARA ALLRAN KONTINYU

Nurmalina,

Telah dilakukan penelitian tentang adsorpsi ion logam kromium (VI) menggunakan bentonit aktif secara aJiran kontinyu. Kemampuan bentonit aktif untuk mengadsorpsi ion logam Cr (VI) diuji pada beberapa variasi parameter yaitu jumlah adsorben, laju alir, pengaruh pl-l, konsentrasi ion logam Cr dan kapasitas adsorpsi maksimum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi optimum adsorpsi ion logam Cr (VI) terjadi pada jumlah adsorben I g, laju alir 1 mUmenit . . . .

Skripsi

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI ESI PB2+ BERBASIS MEMBRAN PVC DENGAN BAHAN AKTIF TRIBUTIL POSFAT (TBP) TIPE LARUTAN INTERNAL

Jasmani,

Telah dibuat dan dikarakterisasi EST Pb2+ berbasis membran PVC dengan zat aktif TBP tipe larutan internal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sensitivitas elektroda adalah 27,83±S,35 mV/dekade pada komposisi membran 9:32:59:TBP:NPOE:PVC dengan trayek pengukuran 1.10-1 - 1.10-5 M Pb(N03)2. Waktu yang dibutuhkan untuk mencapai potensial konstan adalah 60 detik dengan limit deteksi 10-4•5M. Respon potensial ESI Pb2+ dipengaruhi oleh ion Cu2+_ C02+. dan Cr3+ dengan nilai Kij> I yang be . . . .

Skripsi

ANALISA KOMPOSISI MINERAL DI INDRAPURI ACEH BESAR DAN UJI PENGARUH UKURAN PARTIKEL TERHADAP LAJU PENINGKATAN PH LARUTAN

Cut Mawaddah,

Analisa komposisi mineral di lndrapuri Aceh Besar telah dilakukan dengan SEM- EDX (Scaning Electron Microscopy-Energy Dispersi X-Ray). Hasil uji EDX menunjukkan bentuk puncak yang tajam yang menandakan bahwa bentuk material adalah kristalin. Data SEM-EDX juga menunjukkan bahwa mineral Indrapuri Aceh Besar tersebut adalah serpentinit (Mg,Fe)6Si4O4(OH)8. dan olivin (Mg,Fe)] SjO4 yang terdiri dari dua golongan yaitu forsterit (MgSi04) dan fayalit (FeSi04). Magnes . . . .

Skripsi

INFRASTRUKTUR KOTA JANTHO 1979-2020RN(SUATU KAJIAN HISTORIS)

KHAIRULLAH, Drs. Mawardi, M.Hum., - 196803281993031001, T. Bahagia Kesuma,

Kata Kunci: kajian sejarah kota, infrastruktur, Kota Jantho Kota Jantho merupakan salah satu kota administratif yang direncanakan menjadi pusat pertumbuhan baru (growth pole) di Provinsi Aceh, namun sampai sekarang Kota Jantho belum mampu menjalankan perannya sebagai growth pole. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan latar belakang penetapan Kemukiman Janthoi sebagai Ibukota Kabupaten Aceh Besar; (2) mendeskripsikan proses pembangunan awal dan lanjutan infrastruktur Kota Jantho 197 . . . .

Skripsi

PENYERAPAN ION TEMBAGA(II) DENGAN BENTONIT AKTIF MENGGUNAKAN SISTEM KOLOM ALLRAN KONTINU

Nurmaidar,

Telah dilakukan penelitian mengenai adsorpsi ion Cu(II) dalam larutan ion Cu(II) menggunakan bentonit aktif secara sistem kolom aliran kontinu. Ion Cu(ll) dalam larutan menjadi berkurang karena terserap bentonit aktif Parameter yang dipelajari adalah ukuran bentonit, pH awal larutan CuS04.5H20, variasi diameter kolom, laju alir larutan, dan variasi konsentrasi larutan CuS04.5l-hO. Konsentrasi Ion Cu(ll) terserap ditentuka . . . .

Skripsi

INVENTARISASI JENIS-JENIS SEMUT DI KAWASAN PERKEBUNAN DESA LOOT KECAMATAN SERBAJADI KABUPATEN ACEH TIMUR

RABUNAH, Devi Syafrianti,

Telah di lakukan penelitian tentang “Inventarisasi Jenis-jenis Semut di Kawasan Perkebunan Desa Loot Kecamatan Serbajadi Kabupaten Aceh Timur” pada Bulan Desember 2020. Tujuan penelitian untuk mengetahui Jenis-jenis Semut yang terdapat di kawasan Perkebunan Desa Loot Kecamatan Serbajadi Kabupaten Aceh Timur. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitiannya adalah penelitian deskriptif. Metode penelitian pengamatan (observasi) lapangan. Loka . . . .

Skripsi

PENYERAPAN ION LOGAM MANGAN (II) MENGGUNAKAN ARANG AKTIF LIMBAH CANGKANG KELAPA SAWIT

Winardy,

Telah dilakukan penelitian tentang adsorpsi ion logam mangan(Il) menggunakan arang aktif Iimbah cangkang kelapa sawit. Kemampuan arang aktif untuk mengadsorpsi ion logam Mn(lI) diuji pada beberapa variasi parameter yaitu ukuran partikel, waktu kontak adsorpsi, pengaruh pH larutan, jumlah adsorben, konsentrasi ion logam Mn, dan kapasitas adsorpsi maksimum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi optimum adsorpsi ion logam Mn(U) terjadi pada ukur . . . .

Skripsi

PRARANCANGAN PABRIK TEPUNG KARAGENAN DARI RUMPUT LAUT (EUCHEMA COTTONI) DENGAN KAPASITAS PRODUKSI 1.000 TON/TAHUN

CUT SILVIANTI, Wahyu Rinaldi, M. Faisal,

Prarancangan pabrik karagenan ini menggunakan rumput laut jenis Euchema cottoni sebagai bahan baku. Pada proses pembuatannya dipilih proses murni (refined carrageenan) dimana diawali dengan proses pencucian untuk menghilangkan kotoran pada rumput laut. Setelah pencucian rumput laut selanjutnya diberikan perlakuan alkali yaitu dipanaskan pada larutan KOH pada temperatur 60oC selama 2 jam, selanjutnya dilakukan pencucian guna menghilangkan sisa alkali pada rumput laut. Kemudian dilakukan ekstraksi . . . .

Skripsi

PEMBUATAN DAN KARAKTERISASI ESI FE3+ BERBASIS MEMBRAN PVC DENGAN ZAT AKTIF D2EHPA TIPE LARUTAN INTERNAL

Eliya Rahman,

Telah dilakukan penelitian tentang pembuatan dan karakterisasi ESl Fe3+ berbasis membran PVC dengan zat aktif D2EHPA tipe larutan internal. Parameter kinerja elektroda ini adalah faktor Nernst yaitu sebesar 46,85 mV/dekade pada komposisi D2EHPA:TBP:PVC-9:32:59 (%b/b) dan koefisien korelasi (r) = 0,9999 dengan trayek pengukuran 10-4-10" M. Penentuan koefisien selektifitas (K'j) dilakukan dengan metodc larutan terpisah. Kata kunci : ESI Fe (III). potensiometri. D2EHPA . . . .

Skripsi

ANALISIS KARAKTERISTIK PADA SAYAP PESAWAT SKYWALKER 1900 DAN SKYWALKER 2015 DENGAN MENGGUNAKAN METODE CFD

RAHMAD SEPTIAWAN, Husaini, Syahriza,

Unmanned aerial vehicle (UAV) merupakan sebuah pesawat tanpa awak yang digerakkan tanpa pilot yang menggerakannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis koefisien Drag (hambat) dan koefisien Lift (angkat) dari UAV Skywalker 1900 dan Skywalker 2015 saat digunakan untuk terbang dengan menggunakan metode coefficient fluid dynamics (CFD), dengan menvisualisasikan Windtunnel berbentuk balok, dengan Panjang berukuran 4300 milimeter, Lebar berukuran 3100 milimeter, dan tinggi sebesar 1424 milimet . . . .

Lihat Lebih Banyak

    SERVICES DESK

Informasi