Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

Skripsi

UJI DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN BABADOTAN (AGERATUM CONYZOIDES LINN) TERHADAPP SEUDOMONAS AERUGINOSA SECARA IN VITRO

Maryamah,

Tanaman obat tradisional telah banyak digunakan untuk mengatasi penyakit infeksi yang diakibatkan oleh mikroorganisme. Salah satu tanaman obat yang kaya akan manfaat adalah tanaman babadotan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya antibakteri daun babadotan (Ageratum conyzoides Linn) dalam menghambat pertumbuhan Pseudomonas aeruginosa. Jenis penelitian adalah eksperimen laboratorik dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang dibagi da . . . .

Skripsi

EV ALUASI DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN SIRIH (PIPER BETLE LINN) TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS PADA BERBAGAI PH

Masri Wahyu Nidhafah,

Sirih (Piper betle Linn) adalah nama sejenis tumbuhan merambat yang bersandar pada batang pohon lain. Daun sirih juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki aktivitas antibakteri paling tinggi. Kandungan kimia dari daun sirih adalah minyak atsiri yang terdiri dari phenol, karvakol, kavltol, kavibetol, suskuiterpen; estragol, tanin, gula, dan enzim diastase. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, fenol minyak atsiri dari daun s . . . .

Skripsi

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG INTENSIF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012

Rahmat,

Kecemasan sangat berkaitan dengan perasaan tidak pasti dan tidak berdaya serta keadaan emosi yang tidak memiliki objek spesifik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecemasan keluarga pasien yang terkait dengan perawatan intensif, yaitu keterbatasan keluarga untuk mendampingi pasien, akses informasi, komunikas dan kondisi medis. Kecemasan dari pihak keluarga pasien dapat berefek terhadap pelayanan yang diberikan seperti keluarga tidak kooperatif dengan terapi yang diberikan, c . . . .

Skripsi

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI PESTISIDA ALAMI PADA MORTALITAS HAMA APHIS GOSSYPII GLOVER

INDAH KASWARA SULASTRI, Muhibbuddin, Khairil, Djufri, Abdullah,

ABSTRAK Indah Kaswara Sulastri. (2022). Pengaruh Ekstrak Daun Pepaya (Carica papaya L.) Sebagai Pestisida Alami pada Mortalitas Hama Aphis gossypii Glover. Aphis gossypii Glover merupakan vektor penyakit virus pada tanaman yang dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi terhambat dan kerdil. Upaya pengendalian penyebaran hama saat ini dilakukan dengan menggunakan pestisida kimia yang memiliki banyak dampak negatif, sehingga diperlukan pestisida alami yang lebih ramah lingkungan. Eks . . . .

Laporan Kerja Praktek

IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN DAN ESTIMASI BIAYA PEMELIHARAAN PADA KONSTRUKSI RUMAH TINGGAL DI ANOI ITAM, KOTA SABANG

ROZATUL JANNAH, Buraida, Febriyanti Maulina, Lulusi,

ABSTRAK Pengertian rumah berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman adalah bangunan gedung yang berfungsi sebagai tempat tinggal yang layak huni, sarana pembinaan keluarga, cerminan harkat dan martabat penghuninya, serta aset bagi pemiliknya. Rumah dibangun kemudian dihuni oleh sebuah keluarga pastinya perlu perawatan. Jika tidak dirawat maka seiring waktu akan mengalami kerusakan. Studi kasus penelitian ini mengidentifikasi kerusakan dua ruma . . . .

Dissertation

ANALISIS KONSENTRASI MERKURI PADA JELAGA DAN URIN MASYARAKAT PEKERJA DI SEKITAR LOKASI PEMBAKAR AMALGAMA SERTA GEJALA PENYAKIT MASYARAKAT (STUDI KASUS DI KECAMATAN KRUENG SABEE KABUPATEN ACEH JAYA).

Lensoni, Suhendrayatna, Adlim, Hajjul Kamil,

Aceh salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak tambang emas, salah satunya adalah Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya. Para penambang emas rakyat banyak menggunakan bahan merkuri untuk proses amalgamasi, merkuri merupakan bahan beracun berbahaya yang memberikan dampak terhadap kesehatan manusia dan lingkungan, Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gejala penyakit yang dialami oleh masyarakat di sekitar lokasi pengolahan emas serta gejala yang di . . . .

  • Program Studi Doktor Matematika Dan Aplikasi Sains Universitas Syiah Kuala , Banda Aceh - 2023
  • Detail Selengkapnya
Laporan Kerja Praktek

KARAKTERISTIK CAMPURAN BETON ASPAL AC-BC PADA VARIASI SUHU PENCAMPURAN DENGAN DAN TANPA ZAT ADITIF 2% PLASTIK LDPE SEBAGAI SUBSTITUSI ASPAL

Agus Maulizar, Fitrika Mita Suryani, Cut Mutiawati, Muhammad Fauzi,

ABSTRAK Penelitian ini mencoba menggunakan zat aditif Low Density Polyethyylene (LDPE) dan Coal Ash sebagai filler yang diharapkan meningkatnya daya tahan Aspal Beton Lapis Antara (AC-BC) terhadap kerusakan yang disebabkan oleh cuaca dan beban lalu lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar nilai karakteristik Marshall pada campuran AC-BC dengan menggunakan LDPE dan filler Coal Ash pada variasi suhu pencampuran 140℃, 155℃ dan 170℃. Penelitian ini menggunakan m . . . .

Skripsi

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN LANSIA DI DESA LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM BANDA ACEH TAHUN2012

Mutia Keumala,

Proses menjadi tua dapat dilihat dari adanya kemunduran yang terjadi pada lansia berupa perubahan fisiko peru bahan mental dan perubahan psikososial. Kemunduran-kemunduran yang terjadi tersebut dapat menimbulkan kecemasan pada lansia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap kecemasan Lansia di desa Lambaro Skep Banda Aceh Tahun 2012. Desain penelitian yang digunakan deskriptif korelatif. Penelitia . . . .

Skripsi

RANCANG BANGUN SEPEDA MOTOR LISTRIK MENGGUNAKAN MOTOR BLDC 350WATT

Rozy Sulthana, Suriadi, Tarmizi,

Absrak- Saat ini aktivitas manusia sangat padat, hampir semua aktivitas manusia di topang oleh kendaraan, begitu banyak jenis kendaraan yang membantu aktivitas manusia, baik dari kendaraan yang berbahan bakar minyak hingga dengan kendaraan listrik yang menjadi salah satu tren yang makin berkembang. Penggunaaan sepeda motor listrik di era sekarang ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak. oleh karena itu maka dalam penelitian ini diusulkan dampak per . . . .

Skripsi

GAMBARAN KEHLLANGAN GIGL ANTERIOR RAHANG ATAS PADA PASIEN DEWASA TUA DI INSTALASI GIGI DAN MULUT BLUD DR. ZAINOEL ABIDIN TAHUN 2010

Rinaldy Saputra,

Kehilangan gigi anterior permanen rahang atas sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang terutama bila terjadi pada usia dewasa tua karena akan menggangu fungsi estetis dan fonetik. Pemilihan usia dewasa tua (35-44 tahun) pada penelitian ini karena menurut WHO usia ini merupakan kelompok usia pemantauan standar kondisi kesehatan gigi dan mulut untuk melihat efek dari karies dan tingkat keparahan penyakit periodontal. Penelitian ini d . . . .

Lihat Lebih Banyak

    SERVICES DESK

Informasi