Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

Skripsi

UJI AKTIVITAS ANTIMIKROBA EKSTRAK LIDAH BUAYA (ALOE VERA (L.) TERHADAP STREPTOCOCCUS PYOGENES SECARA IN VITRO

Fitra,

Aloe vera (L) Burm. f. secara empiris telah dimanfaatkan masyarakat untuk mengobati berbagai penyakit infeksi.Saat ini Streptococcus pyogenes merupakan salah satu bakteri yang menyebabkan infeksi pada manusia terutama faringitis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Aloe vera (L.) Bunn. f. dalam menghambat pertumbuhan Streptococcus pyogenes.Jenis penelitian adalah eksperirnen laboratorium dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) diba . . . .

Skripsi

PERSEPSI MAHASISWA DAN INSTRUKTUR TERHADAP PEMBELAJARAN KETERAMPILAN SPLINTING AND BANDAGING DI LABORATORIUM KETERAMPILAN MEDIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS SYLAH KUALA

Khoirunnisa,

Kompetensi keterampilan splinting and bandaging pada mahasiswa dinilai masih kurang, oleh karena itu perlu dieksplorasi Iebih lanjut berbagai aspek yang mempengaruhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa dan instruktur terhadap pembelajaran keterampilan splinting and bandaging di Laboratorium Keterampilan Medik FK Unsyiah. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode deep interview. Analisis dilakukan secara deskrip . . . .

Skripsi

UJI DAYA HAMBAT EKSTRAK ETANOL PEGAGAN (CENTEUA ASCIATICA [L] URBAN) TERHADAP STREPTOCOCCUS GRUP A

Nisrina,

Pegagan (Centella asctatica [L] Urban) merupakan tanaman obat tradisional yang mengandung metabolit sekunder seperti asiatic acid, asiaticoside, alkaloid, saponin, tanin dan triterpenoid-steroid yang mempunyai daya antibakteri. Streptococcus grup A (SGA) merupakan patogen utama bagi manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya hambat ekstrak etanoI pegagan terhadap pertumbuhan bakteri SGA. Jenis penelitian ini adalah eksperimental laboratorium dengan rancangan acak lengk . . . .

Skripsi

UJL AKTIVITAS ANTIBAKTERI MINYAK ATSIRI SEREH W ANGI (CYMBOPOGON NARDUS L.) TERHADAP RNISOLA T KLINLS STAPHYLOCOCCUS AUREUS SECARA IN VITRO

Maya Riska,

Tanaman Sereh Wangi (Cymbopogon nardus L.) merupakan salah satu tanaman yang memiliki seribu manfaat, terutama dalam pengobatan. Sereh Wangi ini memiliki kandungan minyak atsiri seperti sitronelal dan geraniol yang berfungsi sebagai antibakteri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas antibakteri minyak atsiri sereh wangi terhadap bakteri Staphylococcus aureus. Jenis Penelitian ini adalah eksperimen laboratorium deng . . . .

Skripsi

DISPARITAS SANKSI PIDANA PENCURIAN GAWAI (SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI MEUREUDU)

Mayasari, Nursiti, Rizanizarli, Rosmawati,

ABSTRAK MAYASARI (2022) DISPARITAS SANKSI PIDANA PENCURIAN GAWAI (Suatu Penelitian di Wilayah Hukum Pengadilan Negeri Meureudu) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (iv, 51)pp., tbl., bibl., app. Nursiti S.H., M.Hum Pasal 24 UUD 1945 Tentang Kekuasaan Kehakiman menegaskan bahwa kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan keadilan. Pada dasarnya hakim mempunyai berbagai pertimbangan di dalam menjatuhkan bera . . . .

Skripsi

UJI DAYA ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL DAUN BABADOTAN (AGERATUM CONYZOIDES LINN) TERHADAPP SEUDOMONAS AERUGINOSA SECARA IN VITRO

Maryamah,

Tanaman obat tradisional telah banyak digunakan untuk mengatasi penyakit infeksi yang diakibatkan oleh mikroorganisme. Salah satu tanaman obat yang kaya akan manfaat adalah tanaman babadotan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui daya antibakteri daun babadotan (Ageratum conyzoides Linn) dalam menghambat pertumbuhan Pseudomonas aeruginosa. Jenis penelitian adalah eksperimen laboratorik dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) yang dibagi da . . . .

Skripsi

EV ALUASI DAYA HAMBAT EKSTRAK DAUN SIRIH (PIPER BETLE LINN) TERHADAP STREPTOCOCCUS MUTANS PADA BERBAGAI PH

Masri Wahyu Nidhafah,

Sirih (Piper betle Linn) adalah nama sejenis tumbuhan merambat yang bersandar pada batang pohon lain. Daun sirih juga merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki aktivitas antibakteri paling tinggi. Kandungan kimia dari daun sirih adalah minyak atsiri yang terdiri dari phenol, karvakol, kavltol, kavibetol, suskuiterpen; estragol, tanin, gula, dan enzim diastase. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, fenol minyak atsiri dari daun s . . . .

Skripsi

HUBUNGAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KECEMASAN DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG INTENSIF RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH TAHUN 2012

Rahmat,

Kecemasan sangat berkaitan dengan perasaan tidak pasti dan tidak berdaya serta keadaan emosi yang tidak memiliki objek spesifik. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecemasan keluarga pasien yang terkait dengan perawatan intensif, yaitu keterbatasan keluarga untuk mendampingi pasien, akses informasi, komunikas dan kondisi medis. Kecemasan dari pihak keluarga pasien dapat berefek terhadap pelayanan yang diberikan seperti keluarga tidak kooperatif dengan terapi yang diberikan, c . . . .

Skripsi

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI PESTISIDA ALAMI PADA MORTALITAS HAMA APHIS GOSSYPII GLOVER

INDAH KASWARA SULASTRI, Muhibbuddin, Khairil, Djufri, Abdullah,

ABSTRAK Indah Kaswara Sulastri. (2022). Pengaruh Ekstrak Daun Pepaya (Carica papaya L.) Sebagai Pestisida Alami pada Mortalitas Hama Aphis gossypii Glover. Aphis gossypii Glover merupakan vektor penyakit virus pada tanaman yang dapat menyebabkan pertumbuhan tanaman menjadi terhambat dan kerdil. Upaya pengendalian penyebaran hama saat ini dilakukan dengan menggunakan pestisida kimia yang memiliki banyak dampak negatif, sehingga diperlukan pestisida alami yang lebih ramah lingkungan. Eks . . . .

Laporan Kerja Praktek

IDENTIFIKASI FAKTOR PENYEBAB KERUSAKAN DAN ESTIMASI BIAYA PEMELIHARAAN PADA KONSTRUKSI RUMAH TINGGAL DI ANOI ITAM, KOTA SABANG

ROZATUL JANNAH, Buraida, Febriyanti Maulina, Lulusi,

ABSTRAK Pengertian rumah berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 2011 tentang Perumahan dan Kawasan Permukiman adalah bangunan gedung yang berfungsi sebagai tempat tinggal yang layak huni, sarana pembinaan keluarga, cerminan harkat dan martabat penghuninya, serta aset bagi pemiliknya. Rumah dibangun kemudian dihuni oleh sebuah keluarga pastinya perlu perawatan. Jika tidak dirawat maka seiring waktu akan mengalami kerusakan. Studi kasus penelitian ini mengidentifikasi kerusakan dua ruma . . . .

Lihat Lebih Banyak

    SERVICES DESK

Informasi