Universitas Syiah Kuala | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

Skripsi

PREVALENSI NEMATODA GASTROINTESTINAL PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS TEMMINCK, 1847) DOMESTIKASI DAN LIAR DI CRU SAMPOINIET KABUPATEN ACEH JAYA

AFIWIYUNA, Abdullah, Iswadi,

Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) salah satu anggota dari ordo proboscidea yang terancam kelestariannya. Ada 3 faktor utama penyebab penurunan populasi satwa liar, yaitu: kerusakan habitat akibat perambahan dan penebangan hutan, perburuan liar, dan penyakit yang belum banyak diketahui. Salah satu penyakit yang sering menyerang gajah yaitu penyakit yang disebabkan oleh infeksi parasit terutama nematoda gastrointestinal. Dampak nematoda gastrointestinal adalah terjadinya anemia, nafsu ma . . . .

Skripsi

ANALISIS TINGKAT RISIKO KONFLIK HARIMAU (PANTHERA TIGRIS SUMATRAE) DENGAN MANUSIA SERTA MITIGASINYA DI DAS KLUET KECAMATAN KLUET TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN

FEBY AULIA, Abdullah, Andi Ulfa Tenri Pada,

Konflik Harimau (Panthera tigris sumatrae) dengan manusia di Kawasan Hutan Lindung khususnya Aceh akhir-akhir ini mengalami peningkatan. Kondisi ini menimbulkan ancaman risiko bagi masyarakat di DAS Kluet Kecamatan Kluet Timur. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui tingkat risiko konflik harimau dengan manusia dan (2) untuk mengetahui mitigasi yang dilakukan di Desa Kecamatan Kluet Timur. Metode yang digunakan yaitu observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Sampel penelitian diambi . . . .

Skripsi

TINDAK PIDANA HOMOSEKSUAL (JARIMAH LIWATH) BERDASARKAN QANUN ACEH NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG HUKUM JINAYATRN(SUATU PENELITIAN DI WILAYAH HUKUM MAHKAMAH SYAR’IYAH BANDA ACEH)

MUHAMMAD RIJAL, Mukhlis,

ABSTRAK Muhammad Rijal, (2021) TINDAK PIDANA HOMOSEKSUAL (JARIMAH LIWATH) BERDASARKAN QANUN ACEH NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG JINAYAT (Suatu Penelitian Di Wilayah Hukum Mahkamah Syar’iah Banda Aceh) Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala (vii, 59) pp.,bibl.,tabl (Mukhlis, S.H., M.Hum.) Berdasarkan Pasal 63 ayat (1) Qanun Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat (Qanun Jinayat) disebutkan bahwa setiap orang dengan sengaja melakukan Jarimah Liwath diancam dengan uqubat ta . . . .

Skripsi

IDENTIFIKASI JENIS DAN STRATIFIKASI HABITAT VERTIKAL BERTENGGER BURUNG PEMANGSA SEBAGAI PENGENDALI HAMA PALAWIJA DI DESA GUNONG PULO KECAMATAN KLUET UTARA KABUPATEN ACEH SELATAN

Lia Nur Afrija, Abdullah, Devi Syafrianti,

Pengendalian hama secara hayati dapat menekan perkembangan hama tanaman palawija. Burung pemangsa merupakan salah satu predator alami yang dapat dikembangkan dalam pengendalian hama tanpa merusak ekologi dan tetap menjaga keseimbangan lingkungan. Desa Gunong Pulo merupakan salah satu daerah penghasil tanaman palawija di Aceh Selatan. Para petani menggunakan pestisida kimia sintetis dalam pengendalian hama palawija. Pengumpulan data dilakukan pada bulan Mei 2021. Penelitian ini bertujuan menginde . . . .

Skripsi

PENERAPAN BILANGAN KOMPLEKS UNTUK MENDAPATKAN LUAS BIDANG

Khoirotun Nadhifah, Hafnani, Intan Syahrini,

Bidang pada geometri memiliki ukuran yang disebut luas. Luas bidang ini pada umumnya dapat dicari secara analitik dengan menggunakan definisi, aksioma, dan teorema yang ada. Namun, beberapa permasalahan pada geometri juga dapat diselesaikan dengan konsep dan sifat bilangan kompleks, karena setiap titik pada bidang dapat diwakili dengan bilangan kompleks dan juga sebaliknya. Bilangan kompleks dapat digambarkan sebagai sebuah titik pada bidang yang disebut bidang kompleks. Pada bilangan kompl . . . .

Skripsi

PENGARUH PENAMBAHAN BASO4 TERHADAP KARAKTERISTIK KOMPOSIT POLIESTER TIMBAL UNTUK APLIKASI PERISAI RADIASI

Meutia Fajrin, Mursal, Irhamni,

Sintesis komposit polyester timbal dengan penambahan barium sulfat untuk aplikasi perisai radiasi telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penambahan barium sulfat dan ketebalan sampel terhadap karakteristik komposit yang meliputi densitas, koefisien atenuasi sinar-X, dan transmitansi cahaya. Komposit poliyester timbal disentesa menggunakan resin sebagai matrik, dan timbal asetat (Pb(CH3COO)2) serta barium sulfat (BaSO4) sebagai filler. Pembuatan sampel menggunakan metode . . . .

Laporan Kerja Praktek

PROSEDUR PELAKSANAAN AUDIT KAS DAN SETARA KAS RSUD MEURAXA BANDA ACEH PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK SURYADI DAN RIZAL

Muhammad Furqan, Sayuthi,

Laporan Kerja Praktik (LKP) merupakan tugas akhir mahasiswa program Diploma 3 Akuntansi Universitas Syiah Kuala yang telah menyelesaikan Praktik Kerja Lapangan. Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui Prosedur Pelaksanaan Audit Kas dan Setara Kas RSUD Meuraxa Banda Aceh Pada Kantor Akuntan Publik Suryadi dan Rizal. Pelaksanaan Kerja Praktik Lapangan dilakukan pada Kantor Akuntan Publik Suryadi dan Rizal dan ditempatkan pada bagian Checking SP2D. Untuk memperoleh data dan informasi yang dibutuhk . . . .

Skripsi

ISOLASI SENYAWA ANTIMIKROBIAL EKSTRAK N-HEKSANA BUNGA CEMPAKA PUTIH (MICHELIA ALBA)

Nursa'adah,

Telah dilakukan penelitian isolasi senyawa antimikrobial ekstrak n-heksana bunga cempaka putih (Michelia alba). Ekstraksi bunga cempaka putih dengan pelarut n-heksana menghasilkan 10,5 gram ekstrak n-heksana kasar. Ekstrak n-heksana kasar dipisahkan kornponen-kornponennya dengan kromatografi cair vakum diperoleh 4 fraksi gabungan. Fraksi-fraksi tersebut diuji aktivitas a . . . .

Skripsi

SIMULASI PENGARUH SUHU PADA PENENTUAN WAKTU MATI (TO) DAN INDEKS RETENSI KOLOM KAPILER PADA KROMATOGRAFI GAS

Romi Seroja,

Waktu mati (to) merupakan parameter yang mendasar untuk penentuan lndeks Retensi dan parameter retensi lainnya seperti waktu retensi terkoreksi (tR), faktor retensi (k'), dan Indeks Retensi (lR). Tujuan penelitian untuk membandingkan metode penentuan waktu mati antara rnetode Iterasi dan metode Linierisasi serta menentukan lndeks Retensi dengan berbagai variasi suhu kolom kapiler pada Kromatografi Gas.. Hasil penelitian penentuan waktu mati menggunakan metode Iterasi pada . . . .

Skripsi

IDENTIFIKASI SENYAWA PASIR MAGNET DI LAMPANAH(ACEH BESAR)DENGAN MENGGUNAKAN XRD-GSAS

Susi Fatmi,

Telah dilakukan penelitian identifikasi senyawa pasir magnet di Lampanah (Aceh Besar) dengan menggunakan XRD-GSAS dengan tujuan untuk mengetahui senyawa dan fraksi berat dari mineral-mineral yang terdapat pada pasir magnet tersebut. Metode yang digunakan untuk pembuatan sampel adalah proses separasi magnetik dengan magnet batang, kemudian dihaluskan dan diayak dengan ayakan berukuran 60, 230 dan 325 mesh. Penentuan kandungan mineral . . . .

Lihat Lebih Banyak

    SERVICES DESK

Informasi