MAHARANI. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI HIDROKARBON UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 5 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci : model pembelajaran, group investigation (gi), hidrokarbon telah dilakukan penelitian yang berjudul “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi) pada materi hidrokarbon untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas xi sman 5 banda aceh”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemandirian belajar, hasil belajar, aktivitas, dan tanggapan siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (gi). metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas xi ipa 1 sman 5 banda aceh sebanyak 20 siswa yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. data penelitian yang diperoleh dari soal tes, lembar observasi dan angket. hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata pengamatan kemandirian belajar siswa sebesar 72,50%. angket kemandirian belajar siswa menunjukkan peningkatan

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI SEGITIGA DI KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (Yustia Sari, 2013) ,

Baca Juga : PENINGKATAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Jul Siga Putra, 2017) ,

dari 70,89% menjadi 84,774%. aktivitas siswa termasuk kriteria sangat baik dengan persentase rata-rata pada pertemuan i adalah 90,62 % dan pada pertemuan ii adalah 92,045%. persentase rata-rata penilaian kelompok investigasi mencapai 89,334% dan persentase rata-rata penilaian laporan siswa mencapai 72,22%. ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada materi hidrokarbon mencapai 90%. tanggapan siswa terhadap respon positif sebesar 83,57%, sedangkan respon negatif sebesar 16,43%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar siswa dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe gi, hasil belajar siswa mencapai ketuntasan secara klasikal dan aktivitas siswa sangat baik pada setiap pertemuan. siswa memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran kooperatif tipe

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATERI PAJAK DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) PADA MATERI TURUNAN FUNGSI ALJABARRN DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (maisarah, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP NEGERI 7 BANDA ACEH (Indah Paranita, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi