Ulfiasari. PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE CIRC PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA TAHUN AJARAN 2013/2014. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci : model circ, hasil belajar, hidrolisis garam telah dilakukan penelitian yang berjudul “penerapan model kooperatif tipe circ pada materi hidrolisis garam untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas xi sma negeri 1 krueng barona jaya tahun ajaran 2013/2014”. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar, aktifitas dan tanggapan siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe circ pada materi hidrolisis garam. penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. subjek diambil dengan cara purposive sampling, yaitu siswa kelas xi-ipa1 yang berjumlah 16 orang, terdiri dari 11 orang siswa perempuan dan 5 orang siswa laki-laki. teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes tertulis, observasi dan angket. data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus persentase. hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal 75% pada pertemuan pertama dan 87,5% pada pertemuan kedua. hasil observasi aktifitas siswa

Baca Juga : KOMPARASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF JIGSAW DENGAN CIRC PADA MATERI HIDROLISIS GARAM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Nur Fadhilah, 2015) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI DAN ALAT-ALAT OPTIK DI KELAS X-MIA 1 SMAN 1 KRUENG BARONA JAYA ACEH BESAR (Ornila Zumarni, 2015) ,

pada pertemuan pertama 86,16% dan pada pertemuan kedua 91,67%. siswa yang memberikan respon positif terhadap penerapan model kooperatif tipe circ 96,09% dan siswa yang memberikan respon negatif 3,91%. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model kooperatif tipe circ pada materi hidrolisis garam dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas siswa. tanggapan siswa terhadap penerapan model kooperatif tipe circ adalah positif, sehingga disarankan untuk dapat diterapkan dalam proses pembelajaran dengan materi yang sesuai.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITIONRN(CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA KELAS XIRNDI SMA NEGERI 1 INGIN JAYA (safriani, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) PADA MATERI REAKSI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS X MIA 1 SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA (Ita Juliana, 2017) ,

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Rahmi Yulis, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi