Hidayah. PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VIII-1 SMP NEGERI 2 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Abstrak kata kunci: hasil belajar, model pbl, sistem pencernaan manusia. telah dilakukan penelitian sejak bulan oktober sampai maret 2014 dengan judul penerapan model problem based learning (pbl) pada materi sistem pencernaan manusia untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas viii-1 smp negeri 2 sawang kabupaten aceh selatan. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dan mengetahui aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran biologi dengan menggunakan model problem based learning (pbl) di kelas viii-1 smp negeri 2 sawang kabupaten aceh selatan. subjek penelitian ini adalah siswa kelas viii-1 smpn 2 sawang aceh selatan dengan jumlah siswa sebanyak 21 orang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). pengumpulan data dilakukan melalui tes dan non tes, alat yang digunakan adalah lembar observasi, dan soal tes. data

Baca Juga : PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR DI SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (ALZIKRI RAHMATILLAH, 2013) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) UNTUK KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Amalia Susana, 2014) ,

ang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning pada materi sistem pencernaan manusia di kelas viii-1 smpn 2 sawang dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu pada siklus i sebanyak 66,67% meningkat menjadi 85,71% pada siklus ii. aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus i dikategorikan baik, aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus i dikategorikan cukup. aktivitas guru pada siklus ii secara keseluruhan dikategorikan baik sekali, dan aktivitas siswa pada siklus ii dikategorikan baik. kesimpulannya adalah penerapan model pbl dapat meningkatkan ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 85,71%, demikian juga dengan aktivitas guru dan aktivitas siswa dikategorikan baik sekali dalam pembelajaran sistem pencernaan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DARI BAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BANDA ACEH (Lidya Sri Rizki, 2014) ,

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM POSING DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA KELAS VIII NEGERI 18 BANDA ACEH (Shelly Muslima, 2016) ,

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi