Misbahul Jannah. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DI KELAS XI MAN DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, turunan fungsi, hasil belajar. rendahnya kemampuan siswa selama ini diduga dipengaruhi oleh kurangnya motivasi dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. salah satu penyebab siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran yaitu karena guru masih menerapkan metode konvensional. oleh karena itu dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. talking stick merupakan suatu model pembelajaran yang berorientasi pada penciptaan kondisi dan suasana belajar aktif dari siswa. penelitian yang berjudul “penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi turunan fungsi di kelas xi man darussalam tahun peajaran 2013/2014” ini mengangkat masalah “apakah hasil belajar siswa kelas xi man darussalam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi turunan dapat mencapai ketuntasan?”. tujuan dari penelitian

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI MINYAK BUMI PADA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sri Ninta Br Sinulingga, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2012-2013 (lebe berkat, 2014) ,

i adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa kelas xi man darussalam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi turunan fungsi dapat mencapai ketuntasan. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian eksperimen. populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xi man darussalam yang berjumlah 146 orang. sedangkan sampelnya adalah siswa kelas xi ips 2 yang berjumlah 22 orang. pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes hasil belajar dan pengolahan data menggunakan rumus statistik uji wilcoxon. dari hasil analisis nilai tes akhir siswa diperoleh t_hitung = 69,5. berdasarkan nilai signifikan 0,05 dan n = 22 diperoleh t_tabel= 75. dengan demikian harga t_hitung< t_tabel. oleh karena itu harga t_hitung< t_tabel berada pada daerah penolakan hipotesis ho. ditolaknya ho menunjukkan hipotesis ha diterima yaitu “hasil belajar siswa kelas xi man darussalam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi turunan fungsi dapat mencapai ketuntasan.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Rahmi Yulis, 2018) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nori Arjuliadi, 2016) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI OPERASI PERKALIAN DI KELAS II SD NEGERI 47 BANDA ACEH (Syafni Yenti, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi