DINDA HERTANA. KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TEATER DI SEKOLAH SUKMA BANGSA PIDIE. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Abstrak kata kunci: kegiatan, ekstrakurikuler, teater penelitian ini berjudul "kegiatan ekstrakurikuler teater di sekolah sukma bangsa pidie". adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimaan proses belajar dalam kegiatan ekstrakurikuler teater di sekolah sukma bangsa pidie dan kendala apa saja yang ditemukan saat kegiatan ekstrakurikuler teater di sekolah sukma bangsa pidie. penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses belajar dalam kegiatan ekstrakurikuler teater di sekolah sukma bangsa pidie dan untuk mendeskripsikan kendala apa saja yang ditemukan saat kegiatan ekstrakurikuler teater di sekolah sukma bangsa pidie. penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dokumentasi. teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. hasil penelitian menunjukkan bahwa proses belajar dalam kegiatan ekstrakurikuler teater di sekolah

Baca Juga : KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TEATER DI SMAN 4 BANDA ACEH (Juwita Sari, 2016) ,

Baca Juga : PENERAPAN KEGIATAN EKSTRA KURIKULER DI SEKOLAH DASAR (SDRN0 SEKECAMATAN ULEE KARENG BANDA ACEH (nadhia, 2014) ,

ma bangsa pidie berjalan dengan baik, hal ini dibuktikan dengan adanya usaha pelatih dengan menerapkan beberapa tahapan kegiatan pembelajaran diantaranya dengan melakukan; (1) kegiatan awal di mana pelatih membuka pelajaran dan mengingatkan kembali materi yang sudah dipelajari, (2) kegiatan inti dimana pelatih menjelaskan dan mendemonstrasikan materi yang akan dipelajari dan (3) kegiatan penutup dengan memberikan kesempatan untuk bertanya dan pelatih mengakhiri kegiatan ekstrakurikuler. kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai dengan materi yang diajarkan, yakni olah rasa, olah tubuh dan olah vokal. metode vang digunakan pada saat proses belajar mengajar berlangsung adalah metode ceramah, demonstrasi dan latihan. ketiga metode tersebut sangat efektif dan efisien digunakan dalam pembelajaran teater. kendala yang dialami pelatih ketika proses pembelajaran adalah faktor dari; (1) kurangnya pelatih yang mengerti seni teater, (2) peserta didik yang susah mengingat dialog, dan (3) orang tua peseria didik yang menganggap jadwai latihan terlalu banyak.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : dinda_h@mhs.unsyiah.ac.id atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI EKSTRAKURIKULER MELALUI LATIHAN FISIK SMAN MODAL BANGSA (MUHARRIR RIJAL, 2019) ,

PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA DI MTSN TUNGKOB TAHUN AJARAN 2014/2015 (muharrir rijal, 2015) ,

EVALUASI PELAKSANAAN EKSTRAKULIKULER PADA SMA NEGERI 1 SINGKIL UTARA (Alizar, 2015) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi