Cut Syarifah Alawiyah. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KINGDOM PLANTAE (SUATU PENELITIAN DI $MA NEGERI 8 BANDA ACEH). Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar, sangat dipengaruhi oleh model mengajar yang diterapkan. salah satu model pembelajaran yang baik digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share. sehingga, perlu diadakan suatu penelitian untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair-share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pair• share dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada konsep kingdom plantae, untuk mengetahui aktifitas guru dan siswa selama kbm berlangsung, serta untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think• pair-share. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas i sma negeri 8 banda aceh, yang terdiri dari 8 kelas reguler berjumlah 293 siswa. dengan cara random,terpilih kelas ls sebagai kelas eksperimen dan kelas l

Baca Juga : PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWAPADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SHARE DI KELAS IV SDN UJONG KUTA (Murni Asdar, 2014) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR JPS SISWA KELAS VLL.3 SMP NEGERI I LANGSA (YUSRAINI, 2021) ,

gai kelas kontrol. data diperoleh dari pemberian pre-test dan post-test kepada kedua kelas dengan materi dan soal yang sama. untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t. dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikan a = 0,05 diperoleh harga tang = 3,35 dan t%set = 1,70 sehingga harga thitung > ttabel, ini berarti hipotesis yang menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think-pa ir-share dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada konsep kingdom plant.ae diterima. persentase aktifitas guru dan siswa dalam kbm juga terlaksana dengan baik, terlihat bahwa sebagian besar waktu yang digunakan guru adalah membimbing siswa mengerjakan lks dan bekerja dalam kelompok berpasangan (28%), sebagian besar waktu yang digunakan siswa adalah mengerjakan lks dalam kelompok belajar berpasangan (31,4%), dan hasil belajar siswa kelas eksperimen pada konsep kigdom plantae telah mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 80% siswa telah mencapai nilai 2 7, sedangkan siswa kelas kontrol belum mencapai nilai standar yaitu hanya 60% siswa telah mencapai nilai >

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PERBEDAAN HASIL BELAJAR KONSEP FLUIDA STATIS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DAN THINK PAIR SQUARE SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 BANDA ACEH (Cut Rizki Mustika, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI PERBANDINGAN RNDI KELAS VII SMP NEGERI 18 BANDA ACEH (LISA RAMADHANI, 2015) ,

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DENGAN TIPE CHANGE OF PAIRS PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KELAS XI IS DI SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM KABUPATEN ACEH BESAR (FAHMI RIJA ARHAS, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi