Cut Rosmawardiana. UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Salah satu metode pembelajaran yang dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa di sma adalah metode eksperimen. tujuan penelitian ini adalah: (i) untuk mengeuahui aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar fisika mencerminkan keterlaksanaan metode eksperimen; (2) mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengarahkan siswa untuk melakukan eksperimen; dan (3) mengetahui pencapaian tpk setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar fisika dengan menggunakan metode eksperimen; (4) peningkatan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan gerak iurus dengan menggunakan metode eksperimen subjek penelitian adalah siswa kelas i sma negeri 8 banda aceh sebanyak 35 orang siswa. sedangkan objek penehtian adalah metode eksperimen yang digunakan dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan kinematika gerak lurus. data yang dikumpulkan diperoleh dengan

Baca Juga : UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Cut Rosmawardiana, 2021) ,

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE DOMINO TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA UNGGUL NEGERI 2 BOARDING SCHOOL BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Fahnita Mulia P, 2016) ,

menggunakan instrument yang3 terdiri dari lembar pengamatan dan perangkat evaluasi. data tentang aktivitas guru dan siswa. keterampilan guru dalam mengelola pengajaran dan pembelajaran metode eksperimen serta prestasi belajar siswa dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif persentase. berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa:( i) aktivitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar aengajar fisika mencerminkan keterlaksanaan metode eksperimen; (2) keterampilan guru dalam mengelola oembelajaran metode eksperimen telah termasuk dalam kategori cukup baik; dan (3) setelah mengikuti kegiatan belajar mengajar fisika dengan menggunakan metode eksperimen secara individu seluruh tpk mencapai ketuntasan, namun secara klasikal hanya 19 tpk dari 25 tpk (76%) yang tuntas. hal ini menunjukkan bahwa secara individu ketercapaian tpk telah tuntas, namun secara klasikal belum tuntas; dan (4) peningkatan prestasi yang dicapai sisvva setelah digunakan metode eksperimen dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan gerak lurus adalah sebesar

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS XI SMA NEGERI 13 BANDA ACEH (Ratna Dewi Asnita, 2021) ,

PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 26 BANDA ACEH (Rahimun, 2013) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TIME TOKEN ARENDS DENGAN MEDIA PERMAINAN MONOPOLI TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (ZAITUN MUNAR, 2018) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi