Sofianur. PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR GEOGRAFI ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER UNGGULAN SEKOLAH RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (SUATU PENELITIAN TERHADAP SISWA DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012). Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

dalam upaya peningkatan mutu dan peningkatan daya saing bangsa secara nasional sekaligus internasional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, telah ditetapkan pentingnya penyelenggaraan pendidikan berbasis keunggulan lokal dan bertaraf internasional. program pemerintah ini direspon dengan cepat, baik sekolah negeri maupun swasta berupaya meningkatkan kualitas sekolah dengan mengembangkan kelas akselerasi dan kelas rintisan sekolah bertaraf internasional (rsbi). demikian juga dengan halnya salah satu sma negeri di aceh, yaitu sma negeri modal bangsa. di sekolah ini kedua program tersebut telah terselenggara dengan baik. orientasi yang sama dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan tidak menutup kemungkinan bahwa dalam pencapaian prestasi akademik maupun non akademik dari siswa peserta program kelas akselerasi dan kelas reguler unggulan terdapat perbedaan. untuk mengetahui hal ini, perlu dikaji manakah yang lebih unggul dalam pencapaian prestasi

Baca Juga : PERBEDAAN PENYESUAIAN SOSIAL ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DENGAN SISWA KELAS REGULER DI SMAN MODAL BANGSA ACEH (DARA ANTIKA, 2020) ,

Baca Juga : PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA KELAS AKSELERASI DENGAN KELAS REGULER DI SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH (ANA MARIANA, 2014) ,

a. tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar geografi antara siswa kelas akselerasi dengan siswa kelas reguler unggulan di sma negeri modal bangsa aceh. hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan prestasi belajar geografi antara siswa kelas akselerasi dengan siswa kelas reguler unggulan di sma negeri modal bangsa aceh. sampel penelitian diambil secara purposive sampling yang berjumlah 52 siswa yang terdiri atas dua kelas yaitu kelas akselerasi l dan x reguler unggulan. pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan teknik pengolaban data dilakukan dengan uji-t. hasil pengolahan data didapat thitung 3,8 sedangkan ttabel pada taraf signifikan 0,05 dengan derajat kebebasan 50 adalah 1,68; maka thitung>ttabel artinya ha diterima. dengan demikian, prestasi belajar geografi siswa kelas akselerasi lebih baik dibandingkan dengan siswa kelas reguler unggulan. kata kunci : kelas akselerasi, kelas reguler unggulan, prestasi

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA TAHUN PELAJARAN 2012/2013 DAN HUBUNGANNYA DENGAN NILAI UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMP (Julia Noviani, 2014) ,

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI PADA SMAN MODAL BANGSA DAN SMA LABORATORIUM UNSYIAH (EKA MAWARNI, 2016) ,

PERBANDINGAN MOTIVASI DAN KEBIASAAN BELAJAR ANTARA SISWA AKSELERASI DENGAN SISWA REGULER PADA PELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 3 BANDA ACEH (Rifa Muliani, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi