Aidha Auliani. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD (STUDENTS TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM JPS GEOGRAFI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMP NEGERI 5 BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Kata kunci : model cooperative learning tipe stad, prestasi belajar cooperative learning tipe stad (student teams achievement divisions), diterapkan untuk mengajarkan dan menekankan kepada siswa untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal. penelitian cooperative learning tipe stad ini bertujuan untuk mengetahui (1) penerapan model cooperative learning tipe stad dapat meningkatkan prestasi belajar siswa; (2) aktivitas guru dan siswa mencerminkan pembelajaran cooperative learning tipe stad; (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran cooperative learning tipe stad; dan (4) respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe stad. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii-3 smp negeri 5 banda aceh yang berjumlah 24 orang. pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar (evaluasi) siswa,

Baca Juga : PERBANDINGAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA YANG DIAJARKAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN SPONTANEOUS GROUP DISCUSSION (SGD) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)DI SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA (INDAH KHAIRANI, 2014) ,

Baca Juga : THE USE OF STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS IN IMPROVING ENGLISH GRAMMAR OF EFL LEARNERS (AN EXPERIMENTAL STUDY AT THE STATE ISLAMIC UNIVERSITY AR -RANIRY) (SITI KHASINAH, 2016) ,

r pengamatan aktivitas guru dan siswa pada pembelajaran cooperative learning tipe stad, lembar pengamatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran cooperative learning tipe stad, dan angket respon siswa menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe stad yang telah dilaksanakan. anajisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil penelitian diperoleh bahwa (1) persentase ketuntasan individual meningkat dari 60%,67% hingga siklus terakhir 78%, persentase ketuntasan klasikal pun meningkat dari 58,3%, 83,3% hingga 95,8%; (2) persentase aktivitas guru dan siswa meningkat, aktivitas guru yang dominan muncul adalah membimbing siswa berdiskusi dan aktivitas siswa yang dominan muncul adalah berdiskusi dalam kelompok serta menemukan cara penyelesaiannya,(3) keterampilan guru dalam penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe stad meningkat dari katagori sedang, baik, dan cukup baik; dan (4) persentase respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe stad 87,6% senang, 88,6% baru, 92% berminat, 90% jelas dengan bahasa yang digunakan, 96% dapat memperjelas pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran geografi pada materi pranata sosial dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe stad dapat meningkatkan prestasi belajar

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) PADA MATERI PERKALIAN BILANGAN CACAH DI KELAS IV SD NEGERI 5 BANDA ACEH (RAHMI, 2014) ,

HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE NHT DENGAN STAD PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA DI KELAS V SD NEGERI 62 BANDA ACEH (ARDIAN, 2014) ,

THE USE OF STAD MODELED-COOPERATIVE LEARNING TO IMPROVE READING COMPREHENSION (Herliana, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi