Intan Haddat. PENGARUH PENGGUNAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFKASI TUMBUHAN (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH). Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Banyak strategi pembelajaran yang dapat digunakan dalam kegiatan belajar mengajar biologi di sekolah. salah satunya adalah strategi pembelajaran dengan menggunakan peta konsep. sehubungan dengan itu perlu diadakan suatu penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep terhadap prestasi belajar siswa. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan peta konsep terhadap prestasi belajar siswa pada konsep klasifikasi tumbuhan di smpn i8 banda aceh, selain itu juga mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa pada konsep klasiftkasi tumbuhan baik siswa yang diajarkan dengan menggunakan peta konsep maupun siswa yang tidak dengan menggunakan peta konsep. populasi dan penelitian ini adalah seluruh siswa kelas i smpn i8 banda aceh yang terdiri dari tiga kelas, dan terpilih secara random kelas i sebagai kelas eksperimen dan kelas l sebagai kelas kontrol. berdasarkan faktor homogenitas yaitu tingkat

Baca Juga : PENGARUH PENGGUNAN PETA KONSEP TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP KLASIFKASI TUMBUHAN (SUATU PENELITIAN DI SMP NEGERI 18 BANDA ACEH) (Intan Haddat, 2021) ,

Baca Juga : PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER BERBANTUAN PETA KONSEP TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMP NEGERI 15 BANDA ACEH (Reraliza Ulika Aulia, 2015) ,

kecerdasan, umur dan jenis kelamin terpilih 20 siswa sampel dari kelas eksperimen dan 20 siswa dari kelas kontrol. instrumen dalam penelitian ini berupa tes sebelum dan sesudah proses pembelajaran. untuk uji hipotesis digunakan rumus uji-t.dari hasil uji hipotesis pada taraf signifikan a=0,05 diperoleh harga ting = 3,33 dan t%sa = 1,70 berarti harga tone t%a maka hipotesis ha diterima yaitu terdapat pengaruh positif penggunaan pea konsep terhadap prestasi belajar siswa di smfn i8 banda aceh dalam mempelajari konsep klasifikasi tumbuhan. pada hasil belajar siswa pada kelas eksperimem telah mencapai ketuntasan sedangkan hasil belajar siswa pada kelas kontrol belum mencapai ketuntasan sehingga perlu dilakukan remedial bagi siswa yang belum

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PETA KONSEP TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BENDA PADAT, CAIR DAN GAS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 33 PEUNITI BANDA ACEH (LISA KAMISLINA, 2014) ,

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN TIDAK MENGGUNAKAN PETA KONSEP PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN DI KELAS IV SDN LEUPUNG 26 ACEH BESAR (Siti Furqan, 2014) ,

PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP DAN METODE CERAMAH PADA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (maulidar, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi