Badriah Rasyid. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 LANGKAHAN ACED UTARA. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, prestasi belajar, ips salah satu penyebab rendahnya prestasi belajar siswa pada pelajaran ips dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah cara penyajian yang kurang menarik sehingga diperlukan model pembelajaran yang sesuai. penelitian yang berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar ips siswa kelas vii smp negeri 3 langkahan aceh utara ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran ips kelas vii di smp negeri 3 langkahan. penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas (classroom action research).subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas vii yang berjumlah 20 siswa. untuk memperoleh data yang diperlukan,peneliti menggunakan lembar

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLE NON EXAMPLE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VII1-2 DI SMPN 2 LANGKAHAN KABUPATEN ACEH UTARA (Yusnidar, 2021) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPA DI SMA NEGERI 2 SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (NURLAILA, 2014) ,

observasi,tes dan dokumentasi. setelah data terkumpul selanjutnya diolah dengan menggunakan rumus persentase. hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa kelas vti smp negeri 3 langkahan aceh utara pada mata pelajaran ips dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dilihat nilai rata-rata dari tiap siklus semakin meningkat. dimana nilai rata - rata tes formatif siklus i adalah 4,85 sebanyak 12 siswa belum tuntas, 8 siswa tu:ntas dengan persentase 40% sedangkan siklus ii sebanyak i5 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas dengan nilai rata -rata tes fonnatif 7 dan persentase ketuntasan 75%. sedangkan pada siklus ill sebanyalc 18 siswa tuntas dan 2 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata - rata tes formatif 7,95 dan persentase ketuntasan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM POKOK BAHASAN UANG DAN LEMBAGA KEUANGAN PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI I KEUMALA KABUPATEN PIDIE (M.Gade, 2013) ,

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN HASIL PRESTASI BELAJAR SISWARN KELAS VIII SMP NEGERI 4 LHOKSUKON RNKABUPATEN ACEH UTARA (NURJANNAH, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATERI GAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 46 BANDA ACEH (Yeni Mayasari, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi