NURASIAH. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 4 KEJURUAN MUDA. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2021

Abstrak

Kata kunci: meningkatkan prestasi belajar, tipe numbered head together, ips dalam pembelajaran ips di smp negeri 4 keiuruan muda masih banyak siswa yang tidak aktif dan terkesan malas mengikuti pembelajaran. tidak ada kemauan siswa untuk mendalami materi dan merespon balik dengan alasan bosan dengan metode yang diajarkan oleh guru,pembelajaran tipe numbered head together merupakan model pembelajaran yang melibatkan para siswa untuk dapat mereview bahan yang tercakup dalam pelajaran dan mengecek pemahaman mereka sendiri mengenai isi pelajaran tersebut, serta melatih anak untuk bertanggung jawab terhadap pertanyaan yang dibebankannya. maka penelitian ini diberi judul "penerapan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together pada mata pelajaran ips kelas vill-2 smp negeri 4 kejuruan muda. tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) untuk mengetahui keterampilan guru dalam

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII, PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI I DEWANTARA KABUPATEN ACEH UTARA (Marzani, 2021) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT)PADA MATERI PANTUN ANAK DI KELAS IV SD NEGERI 12 BANDA ACEH (ova suriani, 2013) ,

mengelola pembelajaran kooperatif tipe numbered head together. 2) untuk menganalisis prestasi belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together siswa kelas viii-2 smp negeri 4 kejuruan muda. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan pendekatan kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas viii-2 smp negeri 4 kejuruan muda, sedangkan pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran numbered head together. data yang diperaleh dilapangan diolah dengan menggunakan uji persentase. dari hasil pengolahan data dapat disimpulkan: keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran tipe numbered head together meningkat dari siklus 1, siklus 2, dan siklus 3. pada siklus 1 keterampilan guru mendapat kategori kurang, pada siklus 2 keterampilan guru mendapat kategori cukup, sedangkan pada siklus 3 keterampilan guru mendapat kategori baik. dari data-data tersebut terlihat bahwa guru semakin terampil dalam mengelola pembelajaran. kooperatif tipe numbered head

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPERNNUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI RNKPK DAN FPB DI KELAS V SD NEGERI 71RN BANDA ACEH (Masyita, 2014) ,

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 9 BANDA ACEH (sumiati, 2016) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) PADA MATERI DAUR AIR DI KELAS V SD NEGERI BUENGCALA ACEH BESAR (ASNIYATI, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi