Uswatun Hasanah. PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA MATA PELAJARAN FISIKA. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2020

Abstrak

Abstrak hasil observasi awal yang dilakukan penulis, kemampuan hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika harus didukung oleh perangkat pembelajaran yang digunakan dalam proses belajar mengajar. namun beberapa guru yang mengajar tidak menggunakan panduan perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang diajarkan sehingga guru sendiri yang kesulitan dalam menjelaskan materi karena murid sulit untuk memahaminya dalam proses belajar mengajar, dikarenakan guru tidak menggunakan model yang sesuai dengan materi. oleh karena itu, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah mengembangkan perangkat pembelajaran untuk dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan desain perangkat model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi yang dapat meningkatkan kemampuan belajar siswa pada materi elastisitas dan hukum hooke di sma. jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model addie. adapun subjek pada penelitian

Baca Juga : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA (TUTI SAFURI, 2021) ,

Baca Juga : PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN STEM MELALUI MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA (Maryono, 2021) ,

i adalah 10 guru sma di banda aceh. instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli dan lembar angket guru untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran. hasil penelitian menunjukkan bahwa: desain pengembangan perangkat pembelajaran model pembelajaran inkuiri bebas termdofikasi untuk meningkatkan kemampuan hasil belajar siswa berada pada kategori sangat layak. kelayakan perangkat pembelajaran model pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi meliputi: rpp pada kategori layak (90,32%), lkpd pada kategori layak (90,2%), bahan ajar pada kategori layak (89,6%), instrument soal pada kategori layak (89,5%). dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran inkuiri bebas termodifikasi yang terdiri dari silabus, rpp, lkpd, bahan ajar dan instrumen soal untuk meningkatkan kemampuan belajar peserta didik dapat digunakan dalam pembelajaran di sma. kata kunci : pengembangan, perangkat pembelajaran, model inkuiri bebas termdofikasi, mata pelajaran

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : atonicha40@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGARUH PENDEKATAN INKUIRI BEBAS YANG DIMODIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 BIREUEN (Octiara Fatmasari, 2014) ,

PERBEDAAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMAN 4 BANDA ACEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY DAN INKUIRI PADA MATERI OPTIKA GEOMETRI (Ida Ratna Nila, 2014) ,

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL KOOPERATIF TIPE CORE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Nadila Mastura, 2021) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi