HIDA HAYATURAHMI. KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI GAYA MAGNET DI KELAS V SDN 69 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci: kooperatif tipe stad, gaya magnet, ketuntasan belajar materi gaya magnet merupakan salah satu materi yang diajarkan di sekolah dasar. kenyataan di lapangan bahwa masih ada siswa kesulitan membedakan benda yang dapat ditarik gaya magnet dengan yang tidak dapat ditarik gaya magnet. akibat dari kesulitan siswa tersebut, hasil belajar siswa menjadi rendah dan tidak mencapai nilai kkm yang ditetapkan oleh pihak sekolah. dari masalah ini penulis menggunakan model pembelajaran yang dapat membantu guru mengatasi masalah yang dialami siswa. berdasarkan kesulitan siswa tersebut, penulis mengadakan penelitian yang berjudul “ketuntasan belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad pada materi gaya magnet di kelas v sdn 69 banda aceh”. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “apakah ketuntasan belajar siswa dapat tercapai melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad pada materi gaya magnet di kelas v sdn 69 banda aceh?”. sedangkan tujuan

Baca Juga : PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SUMBER DAYA ALAM TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN 16 BANDA ACEH (Maidar, 2013) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA DI KELAS IV SDN 62 BANDA ACEH (, 2014) ,

penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa melalui penggunaan model pembelajaran kooperati tipe stad pada materi gaya magnet di kelas v sdn 69 banda aceh. pendekatan penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian bersifat eksperimen semu. sampel dari penelitian ini siswa kelas v berjumlah 26 siswa. teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes yang berbentuk pilihan ganda. data dianalisis dengan menggunakan statistik uji-t, pada taraf signifikan ª = 0,05. dari analisis data, diperoleh ? ??oneh>?o???? = 6,73 > 1,71. berdasarkan kriteria pengujian hipotesis, tolak ??. sehingga dapat disimpulkan bahwa “penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi gaya magnet di kelas v sdn 69 banda aceh dapat

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GAYA MAGNET DIKELAS V SD NEGERI 6 BANDA ACEH (Daniwati, 2013) ,

PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VRNSD NEGERI 2 PEUKAN BADA (MAILA PUSPITA SARI, 2015) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X MAN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2011/2012 (Siti Aisah, 2014) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi