Dini Ayunda. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MESJID RAYA. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2020

Abstrak

Abstrak ayunda, dini. 2020.penerapan model kooperatif tipe listening team berbantuan media audiovisual siswa kelas viii smp negeri 1 mesjid raya. skripsi, jurusan pendidikan geografi, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) daska aziz, s.pd, m.a (2) dr. mirza desfandi, s.pd., m. soc. sc kata kunci : penerapan, model kooperatif tipe listening team, media audiovisual, hasil belajar penelitian ini berjudul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe listening team berbantuan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 1 mesjid raya. rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah ada peningkatan terhadap hasil belajar siswa, aktifitas guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar, keterampilan guru mengelolah pembelajaran dan bagaimana respon siswa terhadap pembelajaran. pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dalam bentuk penelitian tindakan

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LISTENING TEAM BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VII-C SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Siti Asra, 2019) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BROKEN HEART BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA MATERI INTERAKSI KERUANGAN DALAM KEHIDUPAN DI NEGARA-NEGARA ASEAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MESJID RAYA (Dedi Irawan, 2019) ,

s. subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas viii smp negeri 1 mesjid raya yang berjumlah 20 siswa. data dikumpulkan melalui tes, observasi dan angket. analisis data menggunakan statistik deskriptif persentase. hasil pengolahan data memperlihatkan bahwa ketuntasan individual pada siklus i sebanyak 50%, klasikal 40%. pada siklus ii meningkat untuk individual menjadi 75%. klasikal 60%. selanjutnya pada siklus iii ketuntasannya meningkat menjadi 95% secara individual dan secara klasikal menjadi 90%. aktivitas guru dan siswa pada siklus i terdapat 8 aktifitas yang sesuai, pada siklus ii aktifitas yang sesuai menjadi 9 dan pada siklus iii meningkat menjadi 11. keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus i diperoleh skor 2,53 dengan kategori sedang, pada siklus ii meningkat menjadi 3,02 dengan kategori baik dan pada siklus iii menjadi 3,77 dengan kategori sangat baik. respon siswa pada umumnya baik, sebanyak 95% siswa di kelas viii menyatakan dapat memahami, termotivasi, menyenangkan dan dapat menjawab soal evaluasi. berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa model listening team berbantuan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas viii smp negeri 1 mesjid

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : diniayunda8@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOMBINASI TIPE LISTENING TEAM DAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS XI IPS-3 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (Miftahul Izzati, 2013) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR BERBANTUAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANDA ACEH (M. Firman Irha, 2017) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEKNIK TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRANATA SOSIAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR (Handayani, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi