DEVI DARMIYANTI. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DIPADUKAN DENGAN TIPE TALKING STICK UNTUK KEAKTIFAN BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2020

Abstrak

Abstrak darmiyanti, devi. 2020. penerapan model pembelajaran kooperatif tipe students facilitator and explaining dipadukan dengan tipe talking stick untuk keaktifan belajar ips siswa kelas viii smp negeri1teunom kabupaten aceh jaya. skripsi jurusan pendidikan sejarah, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing: (1) drs. mawardi, m.hum., m.a. (2) nurasiah, s.pd., m.pd kata kunci : students facilitator and explaining, talking stick, keaktifan, smp negeri 1 teunom salah satu upaya mengatasi masalah kurangnya keaktifan belajar siswa adalah dengan penerapkan model pembelajaran kooperaif. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dipadukan dengan tipe talking stick untuk keaktifan belajar ips siswa kelas viii smp negeri 1 teunom. metode penelitian ini ialah kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. subjek penelitian ialah siswa kelas viii b yang berjumlah 24 orang

Baca Juga : PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Rahmi Yulis, 2018) ,

Baca Juga : PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA KELAS VIII MTSN TUNGKOB ACEH BESAR (Rosnita, 2015) ,

iswa, diambil berdasarkan referensi guru mata pelajaran ips, dengan mempertimbangkan keadaan siswa kelas tersebut yang kurang aktif sehingga memungkin untuk peneliti memeproleh data. teknik pengumpulan data menggunakan observasi. berdasarkan hasil analisis data lembar observasi diketahui bahwa siswa dapat terlibat secara aktif, hal ini dibuktikan dengan pencapaian indikator keaktifan belajar siswa yang telah ditetapkan dan mencapai tujuan pembelajaran. secara keseluruhan dikelas penelitian tingkat keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran ips sebesar 78% kecenderungan 78 ? 60 yang termasuk kedalam kategori sangat tinggi. dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dipadukan dengan talking stick dapat meningkatkan keaktfan belajar ips siswa kelas viii b smp negeri 1 teunom, aceh

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : devidarmiyanti97@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nori Arjuliadi, 2016) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI MINYAK BUMI PADA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH (Sri Ninta Br Sinulingga, 2014) ,

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMA N 8 BANDA ACEH (Juli Melya Sari, 2013) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi