RAFIDATUL CHAIRIDA. KESIAPAN GURU KELAS DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SD NEGERI 1 KOTA BANDA ACEH. Banda Aceh : Fakultas KIP Universitas Syiah Kuala, 2020

Abstrak

Abstrak chairida, rafidatul. 2020. kesiapan guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus di sd negeri 1 kota banda aceh. skripsi. jurusan pendidikan guru sekolah dasar, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas syiah kuala. pembimbing : (1) drs. sulaiman, m.si (2) dra. rosma elly, m.pd kata kunci : kesiapan, anak berkebutuhan khusus kesiapan adalah segala sesuatu yang meliputi kesiapan fisik, mental dan kognitif. begitupun dalam menghadapi anak berkebutuhan khusus guru harus memiliki kesiapan yang matang. penelitian ini mengangkat masalah bagaimana kesiapan guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus di sd negeri 1 kota banda aceh. adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. subjek dalam penelitian ini adalah 10 guru yang menangani anak berkebutuhan khusus. teknik pengumpulan data dilakukan

Baca Juga : KESIAPAN GURU DALAM PELAKSANAAN PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI 25 BANDA ACEH (Ratna Dewi, 2019) ,

Baca Juga : KENDALA GURU DALAM MENANGANI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA PROGRAM PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI BANDA ACEH (SD NEGERI 1, 5, 54) (YAWMA WULIDA, 2020) ,

gan observasi dan wawancara. teknik analisis data dilakukan dengan tiga cara yaitu reduksi data, display dan conclusion drawing. hasil penelitian menyatakan kesiapan guru kelas dalam menangani anak berkebutuhan khusus bahwa sudah semua guru kelas membuat rpp namun rpp yang di siapkan belum sesuai dengan anak berkebutuhan khusus, membuat evaluasi untuk mengukur hasil belajar, secara keseluruhan guru sudah mampu beradaptasi dengan baik namun masih ada guru yang belum bisa berkomunikasi dengan baik, sudah menunjukkan perasaan positif namun masih ada guru yang belum menunjukkan perasaan positif terhadap anak berkebutuhan khusus, sudah terlihat berkomunikasi dengan baik, sudah membuat pembelajaran anak menjadi bermakna walaupun masih ada yang belum melakukannya, guru sudah memfokuskan perhatian anak walaupun masih ada juga guru yang belum melakukannya, setiap guru sudah terlihat memberikan penghargaan atau pujian, kemudian menjabarkan dan menjelaskan namun belum semua guru melaksanakan hal tersebut, membantu anak mencapai disiplin diri namun masih ada guru kelas yang belum melakukan hal tersebut. maka banyak guru kelas yang belum siap dalam menangani anak berkebutuhan khusus karena kurangnya pemahaman guru tentang penanganan anak berkebutuhan

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan menghubungi email pengarang : rafidatulchairida08@gmail.com atau dapat mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI TK FKIP UNSYIAH BANDA ACEH (SRI WAHYUNI, 2019) ,

IDENTIFIKASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH INKLUSI (STUDI PADA SD NEGERI 57 BANDA ACEH) (Nurraida, 2019) ,

KENDALA GURU DALAM MENANGANI ANAK SLOW LEARNER DI SD NEGERI 3 BANDA ACEH (Safrina, 2020) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi