Sri Ninta Br Sinulingga. PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI MINYAK BUMI PADA KELAS X SMA NEGERI 5 BANDA ACEH. Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala, 2014

Abstrak

Kata kunci : kooperatif tipe talking stick, minyak bumi telah dilakukan penelitian dengan judul penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi minyak bumi di kelas x sma negeri 5 banda aceh. penelitian dilaksanakan dari bulan maret sampai bulan september 2013, dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, aktivitas dan tanggapan siswa terhadap penggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick pada materi minyak bumi. populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas x di sman 5 banda aceh, sampel yaitu siswa kelas x-9 sebagai kelas eksperimen berjumlah 23 siswa, dan kelas x-7 sebagai kelas kontrol berjumlah 24 siswa. jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. analisis data menggunakan persentase untuk hasil belajar, aktifitas siswa, dan angket tanggapan siswa sedangkan uji-t untuk melihat perbedaan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. hasil penelitian diperoleh tidak terdapat perbedaan

Baca Juga : PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA KELAS X SMA NEGERI 1 KRUENG BARONA JAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Rahmi Yulis, 2018) ,

Baca Juga : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATERI TURUNAN FUNGSI DI KELAS XI MAN DARUSSALAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Misbahul Jannah, 2014) ,

hasil belajar yang signifikan dari kedua kelas berdasarkan uji t, dimana thit diperoleh 1,20 dan ttab = 2,01 pada taraf signifikan 0,05% dengan db = 48 (ttab = 2,01). aktivitas siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick mengalami peningkatan dari pertemuan i ke pertemuan ii dengan persentase berturut-turut 82,69% dan 88,46% , sedangkan aktivitas siswa dengan tidak menerapkan talking stick, menurun dari pertemuan i ke pertemuan ii berturut-turut adalah 77,08% dan 72,91%. respon positif siswa terhadap penggunaan model talking stick adalah sebesar 84,6% menunjukkan siswa termotivasi belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick. hasil penelitian dapat disimpulkan, tidak terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara penggunaan model talking stick dan tidak menggunakan model talking stick. aktivitas siswa meningkat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick, dengan siswa memberikan tanggapan positif.

Pengarang tidak dapat memberikan Full Text secara langsung, untuk mendapatkan full text silahkan mengisi Form LSS di bawah.

Chat Services LSS



Tulisan yang relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VIIIA SMP NEGERI 3 LAWE SIGALAGALA ACEH TENGGARA TAHUN AJARAN 2012-2013 (lebe berkat, 2014) ,

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATERI OPERASI PERKALIAN DI KELAS II SD NEGERI 47 BANDA ACEH (Syafni Yenti, 2015) ,

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 PEUKAN BADA ACEH BESAR (Nori Arjuliadi, 2016) ,


Kembali ke halaman sebelumnya


Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi